Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Berkarakter dan Pengembangan Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MAN 7 Jombang

Dhikrul Hakim

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan KTSP Berkarakter dan pengembangan pendidikan karakter dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif (descriptive research). Metode penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan metode triangulasi. Analisisnya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: KTSP disesuaikan dengan amanat pemerintah yang dilandasi oleh undang-undang dan peraturan pemerintah. Peran Kepala Sekolah sebagai pemberi keputusan terhadap pemberlakuan KTSP Berkarakter dan perumusan KTSP di MAN 7 Jombang dengan strategi sosialisasi dan mengadakan workshop. Implementasi KTSP Berkarakter oleh guru dalam pembelajaran relatif maksimal, dilihat dari penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi. Terdapat peningkatan Prestasi belajar siswa setelah diterapkannya KTSP Berkarakter dan Pengembangan Pendidikan Karakter. Segi kognitif diketahui dari hasil prestasi yang meningkat. Psikomotor diketahui dari mulai beraninya siswa berbicara dan mengutarakan pendapat dan mendemonstrasikannya. Untuk afektif dapat diketahui dari mulai berubahnya sikap siswa seperti halnya cara mereka menghormati guru, berkata dengan guru dan teman.

This study aims to determine the application of KTSP with Character and the development of character education in improving student achievement. This is a descriptive research. The research methods are interview, observation and documentation. To test the validity of the data, I used the triangulation method. To analyze the data, I use data reduction methods, data presentation methods and conclusion methods. The results of this study show: KTSP is adjusted to the government’s mandate based on the laws and regulations of the government. The Principal as a decision maker for the implementation of KTSP with Character in MAN 7 Jombang implements socialization strategy and organizes a workshop. The implementation of KTSP with Character by teachers in learning is relatively maximal, seen from the use of varied learning methods. There is an increase in student achievement after the application of KTSP with Character and Development Character Education. The cognitive aspects are known from the results of increased achievement. The psychomotor aspects are known from the fact that the students dare to talk, express and demonstrate opinions well. The affective aspects are known from the fact that the students cange their attitudes as well as how they respect their teachers and friends.


Kata Kunci


KTSP Berkarakter, pengembangan pendidikan karakter, prestasi belajar | KTSP with Character, development of character education, learning achievement.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Djamarah, Syaiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional, 1994.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Kunandar. Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Muhadjir, Noeng. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rika Sarasin, 1993.

Mulyasa, E. Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.

Muslih, Masnur. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, t.th.

Purwati, Eni. “KTSP dan Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah” (Makalah Semiloka di Unipdu Jombang, 2012).

Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas. Pengenbangan Pendidikan Kewirausahaan: Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas, 2010.

Puskur. Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. T.tp: t.p, 2009.

Rasyid, Harun. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu Sosial dan Agama. Pontianak: STAIN Pontianak, 2000.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1995.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2005.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usman, Moh Uzer Anas Sudijiono. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, t.th.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diindeks oleh:

   

__________

Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam dilisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License:

__________

Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam diterbitkan oleh Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang Indonesia. Terakreditasi B Nomor: 146/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2014.

Alamat: Tromol Pos 10 Peterongan Jombang 61481 (Kantor PPs Gedung Graha Unipdu, Kompleks Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso). Telp. (0321) 876771, 873655; Fax. 0321-876771. CP Jurnal: 085714129785 (WA).