Permasalahan Kurikulum Madrasah Berbasis Program Boarding School

M. Ansor Anwar

Abstrak


Madrasasah adalah salah satu wadah untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang dikembangkan dan dituntut menawarkan program-programnya secara cerdas dan bermutu berdasarkan tuntutan zaman dan globalisasi yang semakin terbuka, sehingga keberadaan madrasah dapat menjadi fungsional dalam menjawab realitas keseharian, baik dalam konteks mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan khususnya bidang agama, menciptakan lapangan kerja atau dalam upaya membina sikap hidup yang kritis dinamis dan mandiri. Agak disesalkan, sistem pendidikan madrasah terbelit aktivitas rutin yang kurang cermat, ditandai dengan praktek pendidikan formal yang kurang menumbuhkan kreativitas, inovasi dan tanggung jawab, bahkan cenderung mananamkan sifat ketergantungan. Sedangkan kemandirian, kepekaan dan kepedulian sosial peserta didik kurang digali.

Madrasah is one of the best places to improve the quality of education that is developed and demanded to offer good programs based on the development of modern times and globalization, so the existence of madrasah has a real function in facing the challenges of modern times, both in the context of science, technology and religion; can also create jobs and build a critical and independent attitude. Somewhat regrettably, the educational system of madrasah is tarnished by poorly routine activities, such as formal education practices that do not develop creativity, innovation and responsibility, and even tend to develop a dependency character. Independence, sensitivity and social awareness of the students are not well developed.


Kata Kunci


kurikulum, madrasah, program boarding school | curriculum, madrasah, boarding school programs.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Muhammad. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pustaka Setia, 1998.

Amrulloh. “Guru Sebagai Orang Tua dalam Hadis ‘Aku bagi Kalian Laksana Ayah.’” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 2, no. 1 (Desember 2016).

Echols, John M. dan Hasan Shadily. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia, 1978.

Hamalik, Oemar. Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: PT Trigenda Karya, 1993.

http//darunnajah.wordpress.com/2007/07/02/peran-generasi-muda-dalam-keberlangsungan pendidikan- islam/

http//lemwikipediaorg/wiki/boardingschool.

http://darunnajah.wordpres.

Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.

Nasution, S. Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Nasution. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2006.

Soeharto, Karti. Teknologi Pembelajaran. Surabaya: Suarabaya Intellectual Club, 2003.

Soetopo, Hendayat dan Wasty Soemanto. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.

Subandijah. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993.

Sukmadinata. Pengembangan Kurikululum. T.tp: t.p, t.th.

www. karyanet.com.my/omm/knet/ebook.

www.bsn.or.id/SNI.

www.ktsp.diknas.go.id.

www.ktsp.diknas.go.id/download/ktsp smk/01.ppt.

www.pkk.kpm.my/delinasi.html.

Yunus, Muhammad. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: YPPPA, 1973.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diindeks oleh:

   

__________

Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam dilisensi oleh Creative Commons Attribution 4.0 International License:

__________

Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam diterbitkan oleh Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang Indonesia. Terakreditasi B Nomor: 146/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2014.

Alamat: Tromol Pos 10 Peterongan Jombang 61481 (Kantor PPs Gedung Graha Unipdu, Kompleks Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso). Telp. (0321) 876771, 873655; Fax. 0321-876771. CP Jurnal: 085714129785 (WA).