Pembentukan Karakter Santri Melalui Panca Jiwa Pondok Pesantren

Shalahudin Ismail(1*), Mamun Zahrudin(2), Nurwadjah Ahmad(3), Andewi Suhartini(4),

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(4) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author
Shalahudin Ismail
Mamun Zahrudin
Nurwadjah Ahmad
Andewi Suhartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai pembentukan karakter santri melalui Panca Jiwa Pondok di Pesantren Darul Muttaqien Parung Bogor. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena yang ada di lapangan berupa fenomena yang bersifat ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Parung Bogor dilandasi oleh Panca Jiwa Pondok.“Panca berarti lima, jiwa berarti ruh, pondok berarti kelembagaan pesantren.” Lima ruh pesantren yaitu keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwwah islāmiyyah dan kebebasan. Sehingga sebagai bagian dari proses pendidikan yang terpadu, maka setiap individu yang ikut memiliki tugas mencapai visi dan misi lembaga Pesantren Darul Muttaqien dituntut untuk mampu memahami nilai dari panca jiwa pondok sebagai sebuah nilai yang dijadikan pijakan dalam berorganisasi baik yang bergerak sebagai pendidik maupun pendukung lainya.

Keywords


Karakter, santri, pondok pesantren.

References


Dhuhani, Elfridawati Mai. “Manajemen Pondok Pesantren: Studi Pengelolaan Santri Muallaf di Pondok Pesantren Al Anshar Ambon.” Jurnal Fikratuna 9, no. 1 (2018): 54–70.

Fahham, A Muchaddam. “Pendidikan Karakter di Pesantren.” Jurnal Aspirasi 4, no. 1 (2013): 29–45.

Fauzan, Fauzan. “Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren: Studi Kasus di SMP Puncak Darus Salam Pamekasan.” Empirisma 24, no. 2 (2015): 275–284.

Fitriyah, Wiwin, Abd Hamid Wahid, and Chusnul Muali. “Eksistensi Pesantren dalam Pembentukan Kepribadian Santri.” Palapa 6, no. 2 (2018): 155–173.

Hidayat, Nur. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Pondok Pesantren Pabelan.” JPSD : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2, no. 1 (2016): 128–145.

Makmun, H A Rodli. “Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren.” Jurnal Cendekia 12, no. 2 (2014): 211–238.

Masrur, Mohammad. “Figur Kiai dan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren.” Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan 14, no. 02 (2018): 272–282.

Muhammad Minan Zuhri. “Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Sistem Pendidikan Pesantren” (2019): 54–70.

Nizarani, Nizarani. “Manajemen Pendidikan Karakter Sekolah Islam Terpadu Berbasis Pesantren.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (2019): 1134–1147.

Nofiaturrahmah, Fifi. “Metode Pendidikan Karakter di Pesantren.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 11, no. 2 (2017): 201–216.

Perawironegoro, Djamaluddin. “Manajemen Asrama di Pesantren.” Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 3, no. 2 (2019): 129–144.

Rodliyah, St. “Manajemen Pondok Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter.” Jurnal Cendekia 12, no. 2 (2014): 299–314.

Sauri, Sofyan. Nilai Kearifan Pesantren. Edited by Mohamad Zaka Al-Farisi. Bandung: Rizqi Press, 2017.

Sopidi, Sopidi. “Integrasi Modal Sosial dan Budaya dalam Pengembangan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Modern As-Sakinah Sliyeg Indramayu.” Holistik 15, no. 2 (2014): 287–308.

Sumardi, Kamin. “Potret Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Salafiah.” Jurnal Pendidikan Karakter 0, no. 3 (2013): 280–291.

Suradi, Ahmad. “Dampak Transformasi Sistem Pendidikan Pesantren terhadap Penanaman Jiwa Keikhlasan Santri.” Jurnal At-Ta’dib 13, no. 1 (2018): 49–66.

Susanto, Dedy. “Manajemen Pengembangan Sumber Daya Santri Berbasis Teknologi Tepat Guna di Pondok Pesantren.” Jurnal Ilmu Dakwah 37, no. 2 (2017): 247–283.

Syafe’i, Imam. “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2017): 61.

Tanshil, Sri wahyuni. “Model Pembinaan Pendidikan Karakter pada Lingkungan Pondok Pesantren dalam Membangun Kemandirian dan Disiplin Santri.” Penelitian Pendidikan 13, no. 2 (2012): 1–18.

Yusup, M. “Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi.” Jurnal Tadbir Muwahhid 2, no. April (2018): 11–24.




DOI: https://doi.org/10.26594/dirasat.v6i2.2205

Article metrics

Abstract Abstract views : 0times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by (and other):


__________

Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam is managed and published by Department of Islamic Education Management, Postgraduate Program of Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu), Jombang, East Java, Indonesia.

Address: Postgraduate Office of Graha Unipdu, Tromol Pos 10 Peterongan Jombang 61481. Journal email: dirasatjmpi@gmail.com. Contact person: 085714129785 (WhatsApp).