Pendidikan Islam dan Upaya Membumikan Kesadaran Pluralisme

Authors

  • Nur Khoironi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Abdul Muhid UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v6i2.2207

Keywords:

Pendidikan Islam, pluralisme.

Abstract

Karya ilmiah ini merupakan hasil kajian pustaka tentang upaya membumikan kesadaran pluralisme melalui pendekatan pendidikan Islam. Seperti yang diketahui bahwa pluralisme adalah realitas yang betul-betul terjadi di sekitar kehidupan kita sehari-hari, baik pada agama, budaya, pendidikan, ras dan suku. Adanya keberagaman tidak lain merupakan bagian dari sunnatull?h. Maksudnya, keberagaman merupakan bagian dari kehendak Tuhan sebagai pencipta manusia dan seluruh makhluk di jagad raya ini. Tentunya, dengan tujuan agar perbedaan diambil sisi positifnya sebagai jalan pemandu untuk bekerja sama, introspeksi diri, dan tolong-menolong. Karena jikalau Allah menghendaki sebuah keseragaman maka niscaya Allah menjadikan umat yang tunggal, satu suku, satu bangsa, satu agama, tetapi pada faktanya tidak demikian. Dalam Alquran, Allah secara tegas menyatakan bahwa sengaja menjadikan kita bermacam-macam agar kita saling mengenal satu sama lain. Dalam konteks ke-Indonesiaan, kesadaran tentang kemajemukan ini perlu dan harus terus dijaga demi keutuhan bangsa dan negara, sebagaimana Rasulullah SAW menjaga keutuhan kota Madinah diatas perbedaan agama, suku, ras dan kabilah.

References

Abdullah, M. Amin. Pendidikan Agama Era Multikultural Multireligius. Jakarta: PSAP, 2005.

Alma, Buchari, dkk. Moral dan Kognisi Islam. Bandung: Alfabeta, 2009.

Aziz, Saihu dan Abdul. “Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2020): 131-150.

Hasan, Muhammad Tolhah. Ahlusunnah Wal Jama’ah dalam Persepsi dan Tradisi NU. Jakarta: Lantaboras Press, 2005.

Hidayat, Komarudin. Menafsirkan Kehendak Tuhan. Jakarta: Teraju, 2004.

Ma’arif, Ahmad Syafi’i. Islam dalam Bingkai. Yogyakarta: Pustaka SM 2009.

Ma’arif, Ahmad Syafii. Masa Depan Bangsa dalam Taruhan. Yogyakarta: Pustaka SM, 2000.

Madjid, Nurcholis. Islam Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemoderenan. Jakarta: Paramadina 1992.

Mahmudin, Afif Syaiful. “Pendidikan Islam dan Kesadaran Pluralisme.” Ta’limuna: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (Maret 2018).

Muhaimin, Muhaimin. Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka setia, 2009.

Nata, Abuddin. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Grafindo, 2000.

Rachman, Budhi Munawar. Agama Masa Depan Perspektif Perenial. Jakarta: Paramadina, 1995.

Sadir, Darwis. “Piagam Madinah (Al-Qanun).” Jurnal Pemikiran dan Pembaharuan Hukum Islam 5, no. 1 (2013): 250–57.

Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan, 1995.

Sidiq, Muhammad Abdul Halim, dan Rohman Rohman. “Pluralisme Perspektif Pendidikan Islam: Relevansi Gagasan Abdurrahman Wahid dalam Konteks Keindonesiaan.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (Februari 2015): 46-95.

Uhbiyati, Nur. Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Setia, 2000.

Published

2020-12-01

How to Cite

Khoironi, N., & Muhid, A. (2020). Pendidikan Islam dan Upaya Membumikan Kesadaran Pluralisme. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 6(2), 144–157. https://doi.org/10.26594/dirasat.v6i2.2207

Issue

Section

Artikel