Persepsi Kepala Madrasah Ibtidaiyah terhadap Kinerja Supervisi Manajerial Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kota Yogyakarta

Authors

  • Wahyu Iskandar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fia Alifah Putri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v6i2.2210

Keywords:

Persepsi kepala madrasah, kinerja pengawas.

Abstract

Supervisi manajerial adalah kegiatan yang mengakomodir kinerja madrasah. Supervisi manajerial secara teknis telah diatur dalam Peraturan Menteri Agama No 2 tahun 2012 dan Permendiknas No 12 Tahun 2007. Tujuan dasar penelitian ini untuk melihat bagaimana persepsi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Giwangan terhadap kinerja supervisi manajerial pengawas di kota Yogyakarta yang meliputi program perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian lapangan (field research) ini berupaya menjelaskan data secara valid dan objektif mengenai persepsi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Giwangan terhadap kinerja pengawas kota Yogyakarta. Adapun metode yang digunakan adalah kombinasi atau (mix methode) yang sifatnya deskriptif. Metode ini merupakan metode gabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Sementara model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model concurrent embedded. Data yang dihasilkan bersifat deskriptif yang berupa kata-kata, ungkapan dan pendapat dari subjek penelitian secara lisan. Kemudian data diindeks dan dikategorisasikan menggunakan skala rating lajuan (rating scale). Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja supervisi manajerial dalam perencanaan program pengawas menurut persepsi kepala MI Al Islam Giwangan tergolong kategori sangat baik, sedangkan hasil rata-rata skor dalam perencanaan program supervisi manajerial berjumlah 100,00%; kinerja supervisi manajerial dalam pelaksanaan program pengawas menurut persepsi Kepala Madrasah MI Al Islam Giwangan tergolong kategori sedang, sedangkan hasil rata-rata skor dalam pelaksanaan program supervisi manajerial berjumlah 69,12%; kinerja supervisi manajerial dalam evaluasi program pengawas menurut persepsi kepala madrasah MI Al Islam Giwangan tergolong kategori sedang, sedangkan hasil rata-rata skor dalam evaluasi program supervisi manajerial berjumlah 75,00%.

References

Abadi, Nur, dkk. Pedoman Supervisi Pengawas Madrasah dan Pengawas PAI Pada Sekolah. Semarang: Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, 2012. Alia, Rahmi. “Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) di Smp Negeri 1 Palembang.” (Masters Thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah , 2019). Arifin, Hadi Suprapto, Dkk. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta Terhadap Keberadaan Perda Syariah Di Kota Serang.” Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik 21, no. 1 (2017): 88-101. Arifin, Zainal. “Kepemimpinan Kiai Dalam Ideologisasi Pemikiran Santri Di Pesantren-Pesantren Salafiyah Mlangi Yogyakarta, Inferensi.” Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 9, no. 2 (2015): 351-372. Arikunto, Suharsimi, dan Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 2008. Clay, Lindgren Henry. An introduction as Social Psychology. United States Of America, 1981. Covey, S. R. The 7 Habits of Highly Effective People. Jakarta: Gramedia, 1997. Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Modul Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Depdiknas, 2008. Fitra, Reni Ayu. “Pelaksanaan Fungsi Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2013): 19-31. Gunawan, Ary H. Administrasi Sekolah. Jakart: Rinekacipta, 2011. Haningsih, Sri. “Peran Strategis Pesantren, Madrasah dan Sekolah Islam di Indonesia.” Jurnal El Tarbawi 1, no. 1 (2008): 27-39. Hanum, Zulia. “Pengaruh Persepsi Pengusaha Kecil Atas Informasi Akuntansi Keuangan Terhadap Keberhasilan Perusahaan.” Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis 13, no. 2 (2013): 217-250. Hartono, Yudi. “Pendidikan dan Kebijakan Politik (Kajian Reformasi Pendidikan Di Indonesia Masa Orde Lama Hingga Reformasi.” Jurnal Sejarah dan Kemajuannya 6, no. 01 (2016): 35-45. Hasibuan, Malayu S. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara, 2001. Hidayat, Ara, dan Imam Machali. Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Kaukaba, 2012. Howell, J. M. and B.J. Avolio. “Transformational Leadership, Transactional Leadership, Locus of Control, and Support for Innovation: Key Predictors of Consolidated-Business-Unit Performance.” Journal Of Applied Psychology 78, no. 6 (1993). Indriyani, Susi, Selvy Mardiana. “Pengaruh Penanganan Keluhan (Complaint Handling) Terhadap Kepercayaan dan Komitmen Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta di Bandar Lampung.” Jurnal Bisnis Darmajaya 2, no. 1 (2016): 1-13. Iskandar, Wahyu, dan Imam Machali. “Persepsi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Supervisi Manajerial Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kota Yogyakarta.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 10, no. 1 (2020): 76-93. Iskandar, Wahyu, dan Muhammad Yusuf, Annisa. “Prototipe Supervisi Pendidikan Dan Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Islamic Education Manajemen 4, no. 2 (2019): 163-180. Iskandar, Wahyu. “Analisis Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif Madrasah.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 1 (2019): 1-22. Iskarim, Mochamad. “Rekrutmen Pegawai: Starting-Point menuju Kinerja Organisasi yang Berkualitas dalam Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia dan Islam.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2012): 307-327. Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Pedoman Pembinaan Pengawas Madrasah Dan Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah, 2014. Lestari, Siti Rokhmi. “Manajemen Pengembangan Dosen Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah Tinggi Pariwisata Ampta Yogyakarta.” Jurnal Media Wisata 12, no. 2 (2014): 87-101. Machali, Imam. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Prodi Manajemen Pendidikan Islam Bekerjasama Dengan Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (PPMPI), 2018. Majid, Nurcholis. Masyarakat Religius: Membumikan Nilai-Nilai Islam Dalam Kehidupan Masyarakat (Jakarta: Paramadina, 2000), 96-101. Masaong, Kadim. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung:Alfabeta, 2013. Nanang, Fatah. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004. Nurmawati, Nurmawati. “Peran Pengawas dalam Mempersiapkan Akreditasi Madrasah.” Semdi Unaya 3, no. 1 (2019): 950-963. Rozi, M. Asep Fathur. “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (2016): 324-326. Sahertian, Piet A. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta, 2008. Sanaky, Hujair. “Paradigma Pembangunan Pendidikan di Indonesia Pasca Reformasi Antara Mitos Dan Realitas.” Jurnal Ilmu ilmu Sosial Unisia 62 (2006): 1-18. Selamet, Mochamad. “Pengaruh Kompetensi Supervisi Manajerial dan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan 2, no. 1 (2014): 73-86. Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010. Suhardan, Dadang. Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta, 2010. Sujanto, Bedjo. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah: Model Pengelolaan Sekolah di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Sagung Seto, 2009. Supriyanto, Eko. Inovasi Pendidikan, Isu-Isu Pembelajaran, Manajemen, dan Sistem Pendidikan di Indonesia. Solo: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2003. Syafaruddin, Dkk. Administrasi Pendidikan. Medan:Perdana Publishing, 2016. Syafaruddin, Syafaruddin. Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Indonesia. Jakarta: Grasindo, 2003. Tim Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2003. Umar, Munirwan. “Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Pendidikan.” Jurnal Edukasi 2, no. 1 (2016): 18-28. Usman, H. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2010. Walgito, Bimo. Psikologi Sosial: Suatu Pengantar. Yogyakarta: Andi Offset, 2001. Waluya, Jaka. “Supervisi Pendidikan Pada Sekolah Dasar.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 1 (2013): 32-42. Yulistiani, Yustiani. “Kinerja Pengawas Madrasah di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal Analisa 20, no. 1 (2013): 115–30.

Published

2020-12-01

How to Cite

Iskandar, W., & Putri, F. A. (2020). Persepsi Kepala Madrasah Ibtidaiyah terhadap Kinerja Supervisi Manajerial Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kota Yogyakarta. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 6(2), 158–181. https://doi.org/10.26594/dirasat.v6i2.2210

Issue

Section

Artikel