Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Strategi Teams Games Tournament di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.26594/dirasat.v6i2.2264Keywords:
Motivasi belajar, pelajaran Akidah Akhlak, strategi Teams Games Tournament.Abstract
Artikel ini tentang pentingnya motivasi belajar yang berfungsi sebagai usaha dalam pencapaian prestasi. Dalam belajar-mengajar, motivasi merupakan faktor yang sangat penting, karena dengan adanya motivasi dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik. Bagi peserta didik yang memiliki motivasi yang kuat akan mempunyai energi untuk melaksanakan kegiatan belajar. Kurangnya motivasi belajar pada pelajaran Akidah Akhlak di MI Malihatul Hikam Lamongan kelas VI mengakibatkan hasil belajarnya yang kurang dari KKM, yaitu mendapat nilai minimal 70,00. Sedangkan dilihat dari hasil belajar siswa kelas I di MI Malihatul Hikam Lamongan bahwa nilai rata-rata siswa 60,00. Jadi hasil belajar siswa kurang berhasil karena antara KKM dan rata-rata lebih rendah rata-ratanya karena masih menggunakan strategi yang konvensional. Oleh sebab itu, diperlukan metode pembelajaran yang membuat siswa belajar dengan semangat dan lebih bermakna, yakni metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Teams Games Tournament untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penulis menerapkan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan model dari Kemmis dan Mc Taggart, yang perangkatnya terdiri atas empat komponen, yaitu planning (perencanaan), acting (tindakan), observing (pengamatan), dan reflecting (refleksi). Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Teams Games Tournament bisa meningkatkan motivasi belajar siswa.References
Abdul, Haling, dkk. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Unm, 2007.
Ahmad, Rohani. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Ahmadi, Abu, dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.
Alfiani, Wafa, dkk. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams-Games-Tournaments) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam.” Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (2016): 200.
AM, Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.
Anwar, Rosihan. Akidah Akhlak. Pustaka Setia, Bandung, 2008.
Anwar, Rosihon. Akhlak Tasawuf. Pustaka Setia, Bandung, 2010.
Arini, Ni Kadek Sukiati. “Pengaruh Tingkat Intelegensi dan Motivasi terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas II SMA Negeri 99 Jakarta.” Jurnal Pendidikan (2006).
Ashari, Moh. Yahya, dan Rif’atul Mahfudhoh. “Efektifitas Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1, no. 1 (Desember 2015): 31.
Djamarah, Djamarah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta; Rineksa Cipta, 2002.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2001.
Hasibuan, Melayu SP. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Iskandar, Iskandar. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada, 2011.
Mustofa, Mustofa. Akhlak Tasawuf. Pustaka Setia, Bandung, 1999.
Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1990.
Purwati, Eni. Psikologi Belajar. Eni Purwati: Surabaya, 2009.
Riduwan, Riduwan. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2013.
Rohan, Rohan. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Rusman, Rusman. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.
Slavin, Robert E. Cooperative Learning: Teori, Riset, Praktik. Bandung: Nusa Media, 2009.
Suradi, Suradi. “Konsepsi Pendidikan Agama Islam dalam Menyikapi Modernitas.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (Juni 2018): 60.
Uno, Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015.
Wahab, Rohmalina. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.
Wiratama, Dedy. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Pembelajaran Team Games Tournament pada Mata Pelajaran IPS Terpadu: Studi Kasus Siswa Kelas VII E SMP Negeri 9 Semarang (Skripsi: Universitas Negeri Semarang, 2013): 109.
Yatim, Riyanto. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group, 2009.