Penerapan Sistem WFH (Work From Home) dan Dampaknya terhadap Kinerja Staf dan Dosen Unipdu Jombang selama Pandemi Covid-19

Authors

  • Suspahariati Suspahariati Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Ririn Susilawati Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v6i2.2347

Keywords:

Work from home, sumber daya manusia, Covid-19.

Abstract

Keadaan pandemi menjadi hal yang tak pernah diduga oleh masyarakat, sehingga banyak keadaan yang tidak mampu dikondisikan sebab tidak adanya kesiapan baik dari masyarakat maupun dari pemerintah. Hal ini dirasakan  bukan hanya pada aspek ekonomi tetapi juga pada aspek pendidikan yang sangat meresahkan masyarakat karena situasi yang belum juga mampu dikondisikan. Sebagai salah satu instansi pendidikan ditingkat perguruan tinggi, Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang (Unipdu) turut mendukung pemerintah dalam upaya memutus mata rantai persebaran Covid-19 dengan mematuhi aturan, yaitu memberhentikan sementara pembelajaran tatap muka atau penerapan sistem pembelajaran daring serta membuat kebijakan baru work from home bagi staf dan dosen. Dengan penerapan kebijakan tersebut peneliti melakukan analisis penerapan kebijakan tersebut serta dampak nya terhadap kinerja pegawai dengan metode kualitatif deskriptif. Dari hasil analisis ditemukan bahwa terdapat beberapa perubahah kebijakan baik bagi mahasiswa, staf, maupun dosen. Penelitian ini menemukan bahwa perubahan kebijakan sebelumnya menjadi kebijakan baru selama pandemi tidak berdampak terhadap kinerja pegawai karena seluruh pegawai mampu menjaga komunikasi dan kerja sama yang merupakan budaya para staf dan dosen Unipdu untuk selalu menjaga nilai kekompakan dan kekeluargaan.

References

Aji, R. H. “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia, Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran.” Jurnal Sosial & Budaya Syar-i (2020): 396. Anoraga, P. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta, 2009. Ashal, R. A. “Pengaruh Work From Home terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara & Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan.” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum (2020): 227. Faizal, A. “Catat, PSBB Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo Dimulai 28 April,” http://www.kompas.com. Diakses pada 24 April 2020. Faizal, A. “Terungkap, Awal Mula Virus Corona Menyebar di Surabaya Hingga Meluas Capai Ratusan Kasus,” http://www.kompas.com. Diakses pada 16 April 2020. Faqih, A. “Update Virus Corona di Jawa Timur, Minggu 29 November: Tambah 412 Koperasi Yustisi di Gresik,” http://www.surya.tribunnews.com. Diakses pada 29 November 2020. Haluan, F. “Ribuan Sekolah Ditutup Akibat Pandemi Corona Covid-19,” http://haluankepri.com. Diakses pada 20 Mei 2020. Haluan, F. “Ribuan Sekolah Ditutup Akibat Pandemi Corona Covid-19,” http://haluankepri.com. Diakses pada 20 Mei 2020. Hasanat, D. “The Impact of Corona Virus (Covid-19) on E-Business in Malaysia.” Asian Journal of Multidisciplinary Studies (2020): 2. Mustajab, D. “Working From Home Phenomenon as An Effort to Prevent Covid-19 Attacks And Its Impact on Work Productivity.” The International Journal Of Applied Business (2020): 14. Nasution, D. “Pengaruh Bekerja dari Rumah (Work From Home) Terhadap Kinerja Karyawan BPKP.” Jurnal Ilmiah Akuntasi Budgeting (2020): 11. Pranita, E. “Diumumkan awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari,” http://www.kompas.com. Diakses pada 11 Mei 2020. Siahaan, M. “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Dunia Pendidikan.” Ejurnal (2020): 1. Simarmata, R. M. “Pengaruh Work From Home terhadap Produktivitas Dosen Politeknik Negeri Ambon.” Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial, & Humaniora (2020): 75. Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010. Yuliana, Yuliana. “Corona Virus Diseases (Covid-19): Sebuah Literatur.” Wellness and Healthy Magazine (2020): 187.

Published

2020-12-01

How to Cite

Suspahariati, S., & Susilawati, R. (2020). Penerapan Sistem WFH (Work From Home) dan Dampaknya terhadap Kinerja Staf dan Dosen Unipdu Jombang selama Pandemi Covid-19. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 6(2), 229–240. https://doi.org/10.26594/dirasat.v6i2.2347

Issue

Section

Artikel