Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Kompetensi Guru
DOI:
https://doi.org/10.26594/dirasat.v7i1.2421Keywords:
Manajemen, kepemimpinan, kepala sekolah, kompetensi guru.Abstract
Sekolah berperan penting dalam membangun peradaban, karena sekolah merupakan tempat melahirkan generasi penerus yang nantinya akan menghadapi tantangan global. Untuk mewujudkan hal itu, di sekolah terdapat guru yang akan membina generasi penerus tersebut. Hal ini menuntut guru untuk berkompeten dalam pembelajaran. Maka, kepala sekolah sebagai seorang pemimpin berperan dalam pembangunan kompetensi para guru. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk mengetahui: standar kompetensi guru; program kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru; proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari program kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru; faktor pendukung program kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru. Penelitian ini menerapkan metode kajian pustaka dan dalam pengumpulan data peneliti me-review artikel-artikel. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa dalam manajemen kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah membuat kebijakan yang diturunkan dalam bentuk program. Program dibuat berdasarkan standar kompetensi yang telah ditetapkan. Program tersebut dilakukan dengan tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam proses pelaksanaan programnya, terdapat berbagai faktor penentu yang akan menjadi pendukung dan penghambat program tersebut.References
Agustrian, Agustrian, Rizkan Rizkan, Izzudin Izzudin. “Manajemen Program Life Skill di Rumah Singgah Al-Hafidz Kota Bengkulu.” Journal of Community Development 1, no. 1 (2018): 7–12.
Aprilana, Emi Ratna, Muhammad Kristiawan, dan Hafulyon Hafulyon. “Kepemimpinan Kepala Madsarah dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Puteri Padang Panjang.” Journal Elementary 4, no. 1 (2016).
Arafat, Yasir, Yenny Puspita, dan Rivayanti. “Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Profesionalisme Guru.” Journal of Innovation in Teaching dan Instructional Media 1, no. 1 (2020): 10–17.
Ariyanti, Yulekhah. “Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 14, no. 1 (2019): 26–35.
Awaluddin, Awaluddin, dan Hendra, Hendra. “Fungsi Manajemen dalam Pengadaan Infrastruktur Pertanian Masyarakat di Desa Watatu Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala.” Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako Indonesia 2, no. 1 (2018): 1–12.
Firdaus, M. Surgo. “Manajemen Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Muhammadiyah 9 Malang” (2020): 1–12.
Habibi, Habibi, et. al. “Gambaran Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Fungsi Manajemen pada Program Pengendalian Penyakit Menular (P2M) di Puskesmas Tamangapa Makassar Tahun 2016.” Public Health Science Journal 9, no. 1 (2017): 43–54.
Hendon, Hendon, Cut Zahri Harun, dan Nasir Usman. “Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru pada SMP Negeri 1 Batee Kecamatan Batee Kabupaten Pidie.” Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala 6, no. 1 (2018).
Kompri, Kompri. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alvabeta, 2015.
Manik, Ester, dan Kamal Bustomi. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri 3 Rancaekek.” Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship 5, no. 2 (2011): 97–107.
Marce, S., S. Ahmad, dan S. Eddy. “Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Administrator dalam Peningkatan Kompetensi Guru.” Dawuh: Islamic Communication Journal (2020): 76–81.
Marlina, Linda, Cut Zahri Harun, dan Nasir Usman. “Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru pada SMP Negeri 6 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah 6, no. 4 (2018): 249–256.
Maure, Fransisca Susanti, Arifin Arifin, dan Amirulah Datuk, “Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Sosiologi di Kota Kupang.” Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara 12, no. 2 (2021): 111–118.
Munthe, Ashiong P. “Pentingnya Evaluasi Program di Institui Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat.” Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 5, no. 2 (2015): 1.
Murniarti, S., E. Naiggolan, B. Panjaitan, H. Pandiangan, L. E. A. M. Widyani, dan I. D. A. Dakhi, “Writing Matrix dan Assessing Literature Review: A Methodological Elements of a Scientific Project.” Journal of Asian Development 2, no. 4 (2018): 133–146.
Permenag No. 16 Tahun 2010 Ayat 1, 2010.
Pratiwi, Suryani Dewi. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru, dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMP Negeri di Kabupaten Wonogiri.” JPIM: Jurnal Pendidikan Insan Mandiri (2013).
Puspitasari, Yeni, Tobari, dan Nila Kesumawati, “Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan 6, no. 1 (2021).
Rachman, Fathor. “Manajemen Organisasi dan Pengorganisasian dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadith.” Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman 1, no. 2 (2015): 291–323.
Rahmadoni, Jefril. “Isu Global Manajemen Pembiayaan di SD Indonesian Creative School Pekanbaru.” Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan 3, no. 2 (2018).
Ramdhani, Abdullah, Muhammad Ali Ramdhani, dan Abdusy Syakur Amin. “Writing a Literature Review Research Paper: A Step-by-Step Approach.” International Journal of Basic dan Applied Science 3, no. 1 (2014): 47–56.
Rohiat, Rohiat. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama, 2010.
Rosyadi, Yogi Irfan, dan Pardjono. “Peran Kepala Sekolah sebagai Manajer dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP 1 Cilawu Garut.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (2015): 124–133.
Sawiji, Hery, Trisno Martono, dan Ridaul Inayah. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri.” Jurnal Pendidikan Insan Mandiri (2013).
Simarmata, Erlan A, et. al. “Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Tabanan.” KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) 6, no. 1 (2017): 93–102.
Sormin, Darliana. “Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan.” Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman 2, no. 1 (2017): 129–146.
Susanti, Dewi, Moh. Rois, dan Fartika Ifriqia. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.” Edudeena 1, no. 2 (2017): 75–80.
Susanto, Agus Tri, dan Muhyadi Muhyadi. “Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 4, no. 2 (2016): 151.
Syaidah, Umu, Bambang Suyadi, dan Hety Mustika Ani. “Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Sma Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018.” Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial 12, no. 2 (2018): 185.
Taufiqurokhman, Taufiqurokhman. Konsep Dan Kajian Ilmu Perencanaan. 2008.
Tobari, Tobari, Muhammad Kristiawan, dan Nova Asvio. “The Strategy of Headmaster on Upgrading Educational Quality in Asean Economic Community (AEC) Era.” International Journal of Scientific dan Technology Research 7, no. 4 (2018): 72–79.
Umiarso, Umiarso, dan Abd. Wahab. Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.
Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, 2005.
Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.
Utomo, Sandi Aji Wahyu. “Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta).” Unida Journals 1, no. 1 (2017): 111–127.