Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Hamdan Hamdan UIN Sulthan Tahaha Saifuddin Jambi
  • Fransisko Chaniago UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rizky Takriyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v7i1.2437

Keywords:

Gaya kepemimpinan, kepala sekolah, kinerja, pendidik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan Kepala Sekolah MTs Mohamad Hekal Desa Rantau Alai Kecamatan Batang Masumai; kendala yang dihadapi Kepala Sekolah MTs Mohamad Hekal Desa Rantau Alai Kecamatan Batang Masumai dalam peningkatan kinerja tenaga pendidik; upaya Kepala Sekolah MTs Mohamad Hekal Desa Rantau Alai Kecamatan Batang Masumai dalam peningkatan kinerja tenaga pendidik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan Kepala Sekolah MTs Mohamad Hekal Desa Rantau Alai termasuk dalam tipe demokratis. Kepala Sekolah selalu meluangkan waktu untuk mengambil bagian dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan, dan melakukan musyawarah dengan bawahan dalam mengambil keputusan. Selain itu, ia dengan senang hati menerima kritik, saran dan pendapat dari bawahannya. Kendala kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja staf pengajar adalah kurangnya insentif bagi staf pengajar, berkurangnya keengganan, dan kurangnya disiplin di kalangan pendidik. Upaya yang dilakukan kepala sekolah adalah memberikan motivasi dan penghargaan kerja, tenaga pengajar menyusun RPP dan menguasai materi, melakukan supervisi kelas, dan mengikutsertakan seluruh tenaga pengajar dalam kegiatan pendidikan.

References

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV Diponegoro, 2007.

Http://hukum.unsrat.ac.id//uu/uu­-guru-dosen.htm. Diakses pada 24 Agustus 2020.

Irawati, Irawati, dan Mhd Subhan. “Kepemimpinan Pendidikan untuk Meningkatkan Daya Saing di Madrasah Aliyah Kampar Timur.” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 3, no. 1 (2017): 2.

Malaikosa, YES Matheos Lasarus. “Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Sekolah.” Jurnal Idaarah 5, no. 1 (Juni 2021).

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Rivai, V., dan E. J. Sagala. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010.

Sidik, Firman. “Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” Irfani: Journal of Islamic Education 17, no. 1 (2016): 100-114.

Sudarwan, Danin. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Sugiyono, Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabet, 2013.

Sutrisno, E. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group, 2010.

Wahab, Abd., dan Umiarso Umiarso. Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spritual. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Winarsih, Sri. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Nternational Conference Of Moslem Society 2, (2018): 95.

Wirawan, Wirawan. Kepemimpinan Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Yamin, Martinis, dan Maisah Maisah. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press, 2010.

Zuryati, Zuryati. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SDN 7 Muara Dua Lhoksuemawe.” Jurnal Administrasi Pendidikan 3, no 2 (2015): 38.

Published

2021-06-25

How to Cite

Hamdan, H., Chaniago, F., & Takriyanti, R. (2021). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(1), 51–64. https://doi.org/10.26594/dirasat.v7i1.2437

Issue

Section

Artikel