Peran Pelatihan dan Pengembangan dalam Meningkatkan Kinerja Dosen di Perguruan Tinggi

Authors

  • Suspahariati Suspahariati Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Bambang Setyobudi Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v7i2.2708

Keywords:

Training, self-development, work performance.

Abstract

Institutions and companies need improvement of work performance, so every institution or company will strive to support the effort of its employees. Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang is an educational institution that also aims to improve work performance, especially the performance of lecturers. It is essential to provide a balanced impact to students and campus globally. Therefore, Unipdu conducts supportive activities by facilitating training and self-development for lecturers, both held locally by Unipdu and at the national level under The Ministry of Education, Culture, Research, and Technology (Kemdikbudristek). Based on these problems, the researcher analyses the role of research and self-development and its impact on lecturer performance by applying descriptive qualitative methods. This research reveals an improvement in lecturers’ performance at Unipdu after carrying out training and self-development activities. With the advancement of the quality of lecturer performance, there will be an improvement in the quality of more directive students, as evidenced by the lecturers’ delivery of lecture materials.

References

Agussaleh, Agussaleh, Agusdin Agusdin, dan Hermanto Hermanto. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai di Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Mataram.” Distribusi 8 (2020): 56.

Ashary, L. “Pentingnya Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan pada KFC Jember.” Cermin: Jurnal Penelitian 3 (2019): 2.

Fahiem, W. Fadilla, dan A. Gilang. “Pengaruh Pengembangan Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Dirgantara Indonesia Persero.” JIMEA 4 (2020): 245.

Haryati, R. Ati. “Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan: Studi Kasus pada PT Visi Sukses Bersama Jakarta.” Widya Cipta 3 (2019): 92.

Hasibuan, M. S. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.

Imamah, S. “Strategi Pengembangan terhadap Optimalisasi Kinerja Karyawan (Studi Kasus: Bmt Nuansa Ummat Cabang Pakong).” Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah 2 (2020): 66.

Irzal, M., I. Saerang, R. J. Joie. “Pelatihan dan Pengembangan SDM dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Jurnalis Media Online di detikawanua.com.” EMBA 5 (2017): 1134.

Isa, M. “Pengaruh Pengembangan terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Inspektorat Kabupaten Mandailing Natal.” JESYA 2 (2019): 57.

Kurniasari, N., dan L. Adrie Manafe. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan CV Kayu Mas Surabaya.” Jurnal Trisna Riset 2 (2021): 50.

Larasati, S. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Marlena, W., dan T. Bustami. “Implemntasi Pengembangan Sumber Daya Manusia Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan.” JEMS 2 (2021): 341.

Muhtadin, Z. “Peningkatan Kinerja Karyawan dengan Pelatihan Melalui Kompetensi.” Jurnal Ilmu Manajemen 8 (2020): 132.

Nurhayati, A., dan H. E. Atmaja. “Efektivitas Program Pelatihan dan Pengembangan terhadap Kinerja Karyawan.” Kinerja 1 (2021): 26.

Purnomo, M. Eko, N. Mardi, W. C. Sri Hayati, “Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupten Bojonegoro.” Jurnal Mitra Manajemen 5 (2021): 293.

Rivai, V., dan E. J. Sagala. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2009.

Shaleh, M. Manajemen Sumber Daya Manusia. Makasar: Aksara Timur, 2018).

Sulaefi, Sulaefi. “Pengembangan Pelatihan dan Pengembangan terhadap Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan.” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 5 (2017): 9.

Sutrisno, E. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana, 2009.

Published

2022-02-03

How to Cite

Suspahariati, S., & Setyobudi, B. (2022). Peran Pelatihan dan Pengembangan dalam Meningkatkan Kinerja Dosen di Perguruan Tinggi. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 221–236. https://doi.org/10.26594/dirasat.v7i2.2708

Issue

Section

Artikel