Implementasi Total Quality Management Perspektif Hensler dan Brunell di Pondok Pesantren Salafiyah

Authors

  • Muhammad Zaki Mubarak UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Saiful Fuad UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nur Kholid UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.3690

Keywords:

Kunci: Manajemen, Pondok Pesantren, Penjaminan Mutu | Management, Total Quality Management, Boarding School.

Abstract

Setiap proses manajemen dalam lembaga pendidikan menentukan perkembangan lembaga tersebut, seperti halnya manajemen mutu Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui implementasi dari penerapan Total Quality Management di Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang relevan dengan penelitian dikumpulkan melalui cara observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul selanjutnya data direduksi, dianalisis dan disimpulkan sesuai dengan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang telah menggunakan Total Quality Management model Hensler dan Brumell dengan memuat beberapa prinsip, mulai dari prinsip manajemen yang berfokus pada pelanggan, adanya perbaikan yang terjadi secara berkesinambungan dan keterlibatan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan secara total. Di samping itu, hasil penelitian juga menampilkan kelebihan dan kekurangan Total Quality Management yang diterapkan di Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang.

Each management process in an educational institution determines the development of the institution, such as the quality management of the Sabilurrosyad Gasek Islamic Boarding School in Malang. This study was rainy to determine the implementation of the application of Total Quality Management at the Sabilurrosyad Gasek Islamic Boarding School in Malang. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. Data relevant to research is collected through observation and interviews. After the data is collected, then the data is reduced, analyzed, and concluded according to the Miles and Huberman techniques. The results of the research conducted by researchers showed that the Sabilurrosyad Gasek Malang Islamic Boarding School had used the Total Quality Management of the Hensler and Brumell Model by containing several principles, ranging from the principles of management that focused on customers, the improvement that occurred on an ongoing basis and involvement of all educators and education personnel in total. In addition, the results of the study also show the advantages and disadvantages of Total Quality Management which is implemented in the Sabilurrosyad Gasek Islamic Boarding School in Malang.

References

Amrulloh, Amrulloh. “Guru Sebagai Orang Tua Dalam Hadis ‘Aku Bagi Kalian Laksana Ayah.’” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 2, no. 1 (2016): 70–91.

Hair, Moh. Afiful, and Ach. Shofwan. “Total Quality Manajemen Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Pesantren Di Pondok Pesantren Ziyadatut Taqwa.” Ahsana Media 8, no. 2 (2022): 167–176.

Halil, Moh, and M Ansor Anwar. “Inovasi Manajemen Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Sebagai Perguruan Tinggi Alternatif Bagi Masyarakat.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 2, no. 1 (2016): 2527–6190.

Hasanah, Siti Nurhidayatul. “Aplikasi Total Quality Management (TQM) Dalam Manajemen Pendidikan Islam.” EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2012): 210–224. http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/EDUKASI/article/view/35.

Al Imama, Tubagus Bay Achmad, Farida Wulandari, and Herfina Herfina. “Implementasi Total Quality Management Sebagai Usaha Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Pondok Pesantren Modern.” Jurnal Manajemen Pendidikan 10, no. 1 (2022): 049–054.

Jamaluddin, M. “Metamorfosis Pesantren Di Era Globalisasi.” Karsa 20, no. 1 (2012): 127–139.

Larina, Ludmila N. “Practical Application of Total Quality Management System to Education of International Students.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 215, no. June (2015): 9–13. http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.566.

Maryamah. “Total Quality Management Dalam Konteks Pendidikan.” Ta’dib 18, no. 1 (2003): 54–59.

Nada, Fiki Qotrun, Afifah Shofia Faradisa, Nur Kholid, and Pendidikan Non-formal. “Manajemen Pengorganisasian Program Bahasa Arab 1 Bulan Di Lembaga Kursus Kampung Inggris” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 8, no. 2 (2022): 206–217.

Ridwan, Mohammad. “Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Mahasiswa (Studi Multi Situs Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading, Lembaga Tinggi Pesantren Luhur (LTPL) Dan Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Kota Malang).” Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018.

Syarifah. “Aplikasi Total Quality Management (TQM) Di Pondok Pesantren, Sekolah, Dan Madrasah (Study Komparasi).” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah 10, no. 1 (2015): 73–92.

Syarifah, Liah Siti. “Desain Mutu Pesantren Berbasis Total Quality Management ( TQM ) Boarding School Quality Design Based on Total Quality Management ( TQM ).” Nizamul ’Ilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI) 05, no. 1 (2020): 68–82.

Syarifah, Liah Siti. “Implementasi Total Quality Management (TQM) Di Pesantren? The Implementation of Total Quality Management (TQM) in Islamic Boarding Schools?” Jurnal at-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan Volume 30, no. 1 (2020): 93–112.

Downloads

Published

2023-11-06

How to Cite

Mubarak, M. Z., Fuad, S., & Kholid, N. (2023). Implementasi Total Quality Management Perspektif Hensler dan Brunell di Pondok Pesantren Salafiyah. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(2), 104–113. https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.3690