Urgensi Manajemen Konflik dalam Konteks Kepemimpinan Pendidikan Islam

Authors

  • Lilik Huriyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ni'matul Fauziyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nashihatul Ula UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Wahyu Catur Perdana UIN Sunan Ampel Surabaya
  • M. Fauzan Maulana Syahroni UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Zuhriyah Ayu Hidayah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.3735

Keywords:

Manajemen Konflik, Kepemimpinan, Pendidikan Islam | Conflict Management, Leadership, Islamic Education.

Abstract

Kepemimpinan adalah suatu hal yang sangat mendasar dalam manajemen suatu organisasi, khususnya di Lembaga Pendidikan Islam. Kepemimpinan Pendididkan Islam berperan penting dalam mencapai tujuan yang di inginkan. Keberhasilan seorang pemimpin dapat dinilai dari cara mengelola konflik, baik konflik yang bersifat internal maupun eksternal yang ada di lembaga pendidikan yang dipimpin. Manajemen konflik dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang bertujuan meningkatkan kinerja individu dan produktivitas organisasi. Dengan adanya manajemen konflik berbagai permasalahan di dunia pendidikan dapat diminimalisir dan dicegah sebelum nantinya merugikan pihak satu dengan yang lain. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif yang dilakukan dengan cara mencari sumber dan datanya berdasarkan buku, artikel, atau jurnal yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang pemimpin harus mempunyai strategi atau peran besar dalam menyelesaikan persoalan yang terjadi di lembaga pendidikan Islam agar masalah didalam suatu lembaga dapat selesai dengan baik dan efisien, juga perlunya pendekatan yang digunakan sebagai kontribusi peran kepemimpinan dalam manajemen konflik. Manajemen konflik menjadi bagian urgen dalam kepemimpinan lembaga pendidikan Islam untuk meguatkan sebuah lembaga akan sebuah konflik yang dihadapi.

Leadership is something that is very basic in the management of an organization, especially in Islamic Education Institutions. Islamic Education Leadership plays an important role in achieving the desired goals. The success of a leader can be judged by the way he manages conflict, both internal and external conflicts that exist in the educational institution he leads. Conflict management is carried out to solve problems that aim to improve individual performance and organizational productivity. With conflict management, various problems in the world of education can be minimized and prevented before they harm one party or another. The research method used is a type of qualitative research which is carried out by finding sources and data based on relevant books, articles, or journals. The results of the study show that a leader must have a strategy in resolving problems that occur in Islamic educational institutions so that problems within an institution can be resolved properly and efficiently as well as the need for an approach used as a contribution to the role of leadership in conflict management. Conflict management is an urgent part of the leadership of Islamic educational institutions to strengthen an institution for a conflict it faces.

References

Anwar, Khoirul. “Urgensi Penerapan Manajemen Konflik dalam Organisasi Pendidikan.” Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 1, no. 2 (Agustus 2018): 32-33.

Anwar, Khoirul. “Urgensi Penerapan Manajemen Konflik dalam Organisasi Pendidikan.” Al Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam 1, no. 2 (Agustus 2018): 34.

Brata, T. A. “Peran Kepemimpinan dalam Mengendalikan Konflik.” Jurnal Media Wahana Ekonomika 7, no. 4 (January 2011): 662.

Danandjaja, James. Metode Penelitian Kepustakan. T.tp: Antropologi Indonesia, 2014.

Hifza, Hifza et al. “Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Perspektif Interdisipliner.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (March 7, 2020): 51, https://doi.org/10.31538/ndh.v5i1.518.

Kholifah, Yusnia Binti. “Manajemen Konflik Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Piwulang 2, no. 1 (September 1, 2019): 14.

Ma’arif, Syamsul. Perilaku Organisasi Pendidikan. Surabaya: Government of Indonesia (GoI) dan Islamic Development Bank (IDB), 2013.

Mualiati, Indah. “Manajemen Konflik dalam Pendidikan Menurut Perspektif Islam.” Jurnal Tingkap XII, no. 1 (2016): 50.

Murni, Murni. “Manajemen Konflik dalam Pendidikan.” Jurnal Intelektualita 4, no. 1 (2018): 165.

Salihin, Faisal Dahrul. “Manajemen Konflik dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam.” Jurnal Guru Kita 7, no. 2 (March 2023): 247.

Sholeh, Muh. Ibnu. “Manajemen Konflik di Lembaga Pendidikan Islam.” EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 10, no.2 (n.d.): 11-12.

Supriani, Yuli, et al. “Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (January 17, 2022): 332–38, https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.417.

Tanur, Defano, Marsya Nisa Razita, dan Ona Rangratu. “Manajemen Konflik Dan Upaya Penanganan Konflik dalam Organisasi Pendidikan di Sekolah.” Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa 2, no. 3 (Agustus 2023): 206-207.

Ulinnuha, Nur Raisah. “Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam.” TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (September 2019): 143.

Yuniaty, Denis. “Peran Pimpinan dalam Menyelesaikan Konflik di Organisasi.” Universitas Negeri Yogyakarta, April 9, 2013: 31-34.

Downloads

Published

2023-11-07

How to Cite

Huriyah, L., Fauziyah, N., Ula, N., Perdana, W. C., Syahroni, M. F. M., & Hidayah, Z. A. (2023). Urgensi Manajemen Konflik dalam Konteks Kepemimpinan Pendidikan Islam. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(2), 114–125. https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.3735