Evaluasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Campuran Multivariasi di Era Society 5.0: Studi Kasus di MAN 2 Kota Kediri

Authors

  • Antiq Kusthon Tiniyyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Agus Zaenul Fitri UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Abd. Aziz UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.3984

Keywords:

Evaluasi Kurikulum, Kurikulum 2013, Manajemen Kurikulum | Curriculum Evaluation, Curriculum 2013, Curriculum Management

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implemetasi evaluasi Kurikulum 2013 di MAN 2 Kota Kediri. Melakukan evaluasi kurikulum menjadi hal yang penting. Melalui proses ini, lembaga pendidikan bisa menggunakan hasilnya sebagai umpan balik (feedback) untuk meningkatkan serta menyempurnakan kurikulum. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan sesuai yang diajukan oleh Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Kurikulum yang digunakan di kelas XI dan XII MAN 2 Kota Kediri menggunakan Kurikulum 2103. Evaluasi dilaksanakan menjelang tahun ajaran baru dengan cara musyawarah terkait apa yang telah dicapai selama satu tahun, sebelumnya juga diadakan evaluasi, terus mengembangkan skil, evaluasi perangkat pembelajaran untuk acuan mengajar. Komponen-komponen yang dievaluasi, di antaranya dokumen-dokumen kurikulum, proses kegiatan belajar mengajar, serta proses evaluasi pembelajaran, evaluasi prestasi akademik/nonakademik siswa. Workshop dan review kurikulum juga dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru. Feedback diperlukan dengan tujuan ada perbaikan pelaksanaan kurikulum di masa yang akan datang.

The purpose of this study was to determine the implementation of the evaluation of the 2013 Curriculum in MAN 2 Kediri City. Evaluating the curriculum is important because through this process, we can use the results as feedback to improve and improve the curriculum. The research method used is qualitative. The research approach used is qualitative descriptive. Data collection techniques in this study used interview techniques and documentation studies. The data analysis technique used in this study consists of four stages as proposed by Miles and Huberman, namely data collection, data reduction, data presentation, and conclusions. The result of this study is the curriculum used in grades XI and XII of MAN 2 Kediri City using Curriculum 2103. Evaluation is carried out ahead of the new school year by deliberation related to what has been achieved during one year, previously also held evaluation, continuing to develop skills, evaluation of learning tools for teaching reference. The components evaluated, including curriculum documents, the process of teaching and learning activities, as well as the learning evaluation process, evaluation of academic/non-academic achievement of students. Follow-up or feedback is carried out at the beginning of the semester, before entering the new school year. Feedback is needed with the aim of improving curriculum implementation in the future.

References

Astuti, Dwi Ariani, Samsi Haryanto, and Yuli Prihatni. “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013.” Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 6, no. 1 (7 December 2018): 7, https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3353.

Chotimah, Chusnul et al. “Implementation of Islamic Boarding School Socio-Cultural Management-Based Curriculum in Developing of Islamic Educational Institutions Quality.” J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 7, no. 2 (2022).

Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches (Singapura: SAGE Publications, Inc, 2014).

Fitri, Agus Zaenul. Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam (Bandung: Alfabeta, 2013), 12.

Geletu, Girma Moti, and Dawit Mekonnen Mihiretie. “Professional Accountability and Responsibility of Learning Communities of Practice in Professional Development Versus Curriculum Practice in Classrooms: Possibilities and Pathways.” International Journal of Educational Research Open 4 (2023): 100223, https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100223.

Haling, Abd., and Abd. Hakim. “Kajian Program, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum 2013 SD di Kecamatan Cina Kabupaten Bone.” Jurnal Publikasi Pendidikan 10, no. 3 (2020).

Haryadi, Didit, and Hendro Widodo. “Pengembangan Kurikulum Berbasis Adiwiyata untuk Meningkatkan Kemampuan Practical Life.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (14 August 2020): 196, https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.558.

Hasbi, Raden Praja Aby Choiri, and Fitri Nur Mahmudah. “Pengembangan Kurikulum Sekolah Berbasis Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Temon.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (11 August 2020): 180–94, https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.563.

Huda, Nurul. “Manajemen Pengembangan Kurikulum.” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2017).

Kibtiyah, Mariatul, and Moh. Dasuki. “Kurikulum Dalam Mengembangkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Luar Biasa Bagian BCD YPAC Kecamatan Kaliwates Jember.” Leaderia 3, no. 2 (2022).

Magdalena, Ina et al. “Evaluasi Penerapan Pembelajaran K13 di Sekolah Dasar Dharmawati Arief Tangerang.” MANAZHIM 2, no. 1 (29 February 2020): 19–28, https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.596.

Miles, Matthew B., A. M. Huberman, and Johnny Saldaña, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, Third edition (Thousand Oaks, Califorinia: SAGE Publications, Inc, 2014).

Moleong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009).

Muttaqin, Muhammad Edy. “Evaluasi Kurikulum Pendidikan Islam.” Prosiding Pascasarjana IAIN Kediri.

Nasron, H M Hk. “Pola Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Nuansa VIII, no. 2 (2015).

Nisa, Khoirun. “Konsep Filsafat Pendidikan Islam dan Implikasinya terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 3 (22 November 2017): 125–36, https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v2i3.83.

Nurcholis, Ahmad, and Muhammad Zaenal Faizin. “Evaluasi Kurikulum Bahasa Arab di MAN 1 Trenggalek.” Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab 5, no. 1 (2019).

Nuroidah, Ifadatun, and M. Ansor Anwar. “Implementasi dan Problematika Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Jurusan Ilmu Keagamaan di MAN Rejoso Jombang.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1, no. 1 (2015).

Rizkia, Noviza et al. “Analisis Evaluasi Kurikulum 2013 Revisi 2018 terhadap Pembelajaran Kimia SMA.” Lantanida Journal 8, no. 2 (10 March 2021): 168, https://doi.org/10.22373/lj.v8i2.8119.

Sulaeman, A. “Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer.” Islamadina XIV, no. 1 (2015).

Syifa, Ainus. “Assesment of Curriculum Development Needs at Madrasah Diniyah Formal.” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 05, no. 03 (2021).

Usman, Nasir, and Sakdiah Ibrahim. “Evaluasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Sekolah Dasar Negeri 67 Kota Banda Aceh.” Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala 2, no. 1 (2014).

Wahzudik, Niam. “Implementasi Evaluasi Kurikulum Sekolah (Studi Kasus Sekolah Dasar di Kabupaten Kudus).” Teknodika 18, no. 1 (30 March 2020): 48, https://doi.org/10.20961/teknodika.v18i1.34951.

Widodo, Hadi. “Pelaksanaan Evaluasi Kurikulum di MTs Al-Jihad.” Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman III, no. 2 (2020).

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Tiniyyah, A. K., Fitri, A. Z., & Aziz, A. (2023). Evaluasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Campuran Multivariasi di Era Society 5.0: Studi Kasus di MAN 2 Kota Kediri. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(2), 137–150. https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.3984