Human Resources Career Development in Islamic Education Institutions: Case Study at SMPS Riyadhusholihin Pandeglang

Authors

  • Anis Zohriah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Euis Asyiah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Fazrurrakhman Al Farisi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.4100

Keywords:

Pengembangan Karir, Sumber Daya Manusia, Lembaga Pendidikan Islam, Career Development, Human Resources, Islamic Education Institutions

Abstract

Pengembangan karir sumber daya manusia (SDM) di lembaga pendidikan Islam telah menjadi topik yang semakin penting dalam konteks pengembangan pendidikan yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik-praktik pengembangan karir SDM di SMPS Riyadhusholihin Pandeglang dan upaya Lembaga untuk meningkatkan pengembangan karir SDM sebagai studi kasus yang merepresentasikan pendidikan Islam tingkat menengah. Metode penelitian yang diguanakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan staf pengajar, pengelola dan SDM di SMPS Riyadhusholihin. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan karir SDM di Lembaga pendidikan Islam ini melibatkan beberapa komponen kunci, termasuk identifikasi kebutuhan karir, pelatihan dan pengembangan kompetensi serta penilaian kerja. Program kegiatan sebagai bentuk upaya Lembaga dalam meningkatkan pengembangan karir SDM diantaranya seperti mengikuti forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Kelompok Kerja Guru (KKG), Pendidikan dan Latihan Profesional Guru (PLPG), dan program studi lanjut secara tugas yang dilaksanakan oleh individu seperti In House Training (IHT), dan kegiatan lain yang mendukung pengembangan dalam karir tenaga pendidik dan kependidikan di SMPS Riyadhusholihin Pandeglang. Selain itu, penulis memberikan saran untuk mengikuti pelatihan pada komunitas pendidik sekolah internasional (AISEI) untuk mendukung tujuan Lembaga pendidikan dalam pengembangan karir.

Human resource (HR) career development in Islamic educational institutions has become an increasingly important topic in the context of sustainable educational development. This study aims to examine HR career development practices at SMPS Riyadhusholihin Pandeglang and the Institute's efforts to improve HR career development as a case study representing secondary Islamic education. The research method used is qualitative research with a case study approach. Data was collected through in-depth interviews with faculty, managers, and human resources at SMPS Riyadhusholihin. The results showed that HR career development in Islamic educational institutions involves several key components, including identification of career needs, training and competency development, and job assessment. Activity programs as a form of the Institute's efforts in improving HR career development include participating in the Subject Teacher Deliberation Forum (MGMP), Teacher Working Group (KKG), Teacher Professional Education and Training (PLPG), and further study programs on a task basis carried out by individuals such as In House Training (IHT), and other activities that support the development of educators' careers and education at SMPS Riyadhusholihin Pandeglang. In addition, the author provides advice to attend training at the International School Educator Community (AISEI) to support the educational institution's goals in career development.

References

Andi, Dede, and Melda Wiguna. “Peran Manajemen SDM Dalam Pengembangan Karir Karyawan Pada PT. Atlas Resources Tbk Jakarta Selatan.” e-Jurnal Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan 11, no. 1 (2022): 31–40.

Baroroh, A. “Pengaruh Pengembangan Karir Dan Motivasi Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Politeknik Ilmu Pelayaran” Jurnal Ilmu Manajemen. academia.edu, 2016. https://www.academia.edu/download/35937488/USM_76f03.pdf.

Carolus Borromeus Mulyatno. “Pengembangan Karir Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4 (2022): 1349–1358.

Evy Ramadina. “Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” Mozaic Islam Nusantara 7, no. 2 (2021): 131–142.

Febriyanni, R, and ... “Manajemen Pengembangan Karir Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MIN 1 Langkat.” Jurnal Pusat Studi 2, no. 2 (2022): 121–131. https://www.pusdikra-publishing.com/index.php/jies/article/view/589%0Ahttps://www.pusdikra-publishing.com/index.php/jies/article/download/589/514.

Hasan, Z. “Upaya Pengembangan Karir Guru Melalui Peningkatan Kualifikasi Akademik Dan Profesionalisme (Studi Pada Guru-Guru SMP Di Kabupaten Bengkalis).” Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan. core.ac.uk, 2017. https://core.ac.uk/download/pdf/355098480.pdf.

Irmayani, N A. Pengaruh Pendidikan Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Jawa Barat. repository.unpas.ac.id, 2018. http://repository.unpas.ac.id/38310/.

Ismail, M F, and I Siswanto. “Pelaksanaan Bimbingan Karir Di Sekolah Menengah Kejuruan.” PENCERAHAN (2018). http://www.jurnalpencerahan.org/index.php/jp/article/view/16.

Kuswibowo, Christian. “Analisis Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Produktivitas Kerja Guru Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Journal of Islamic Education and Innovation 2, no. 2 (2021): 153–164.

Maghfiroh, Anisatul. “Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Syariah.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7, no. 1 (2021): 403.

Maula, Linziyatul, Jamilah, and Minnah Elwiddah. “Manajemen Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Karir Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 5 Batanghari.” JEMSI 4, no. 4 (2023): 728–739. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/.

Maulyan, Feti Fatimah. “Peran Pelatihan Guna Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Pengembangan Karir: Theoretical Review.” Jurnal Sain Manajemen 1, no. 1 (2019): 40–50. http://ejurnal.univbsi.id/index.php/jsm/index.

Nadira, Dina, Amelia Siahaan, and Nia Febridayanti. “Urgensi Program Bimbingan Karir.” Ittihad 4, no. 2 (2020): 20–25.

Pio, Riane Johnly. “Perencanaan Dan Pengembangan Karir.” Seminar Nasional TIK dan Ilmu Sosial (SocioTech) 2017 7, no. 2 (2017): 207–215.

Rahayu, Nina, Elvina Hawari, and Aliyas Aliyas. “Pengembangan Karier Guru Selama Dalam Jabatan: Analisis Kompetensi Profesional.” Al-Musannif 4, no. 2 (2022): 135–144.

Salabi, Agus Salim. “Pengembangan Karier Guru Di Pesantren Darul Ihsan Hamparan Perak Deli Serdang.” Continuous Education: Journal of Science and Research 2, no. 1 (2021): 1–16.

Sugijono. “Pengembangan Karir Karyawan Dalam Manajemensumber Daya Manusia.” Orbith 12, no. 3 (2016): 167–177.

Syukur, Fatah. “Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan.” Semarang: Pustaka Rizki Putra (2012).

Ulfatin, Nurul, and Teguh Triwiyanto. “Manajemen Sumber Daya Manusia.” Cet. I (2016).

Yulizar, Yudhi, Sarboini, and Mariati. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan Karir Personil Polri Pada Satuan Kerja Biro Operasi Polda Aceh.” JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) 6, no. 2 (2020): 59–70.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Zohriah, A., Asyiah, E., & Farisi, F. A. (2024). Human Resources Career Development in Islamic Education Institutions: Case Study at SMPS Riyadhusholihin Pandeglang. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(2), 164–175. https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.4100