Strategi Guru dalam Membina Hubungan Positif dengan Peserta Didik

Authors

  • Bima Wahyudin Rangkuti Universitas PTIQ Jakarta, Indonesia
  • Dyah Ayu Latifah Universitas PTIQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i2.4132

Keywords:

Strategi, Hubungan Positif, Guru, Peserta didik, Strategy, Positive Relationships, Teacher, Student

Abstract

Penelitian ini berupaya meninjau strategi yang dilangsungkan guru kelas 6 SDN 5 Selat Penuguan Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan dalam membina hubungan yang positif bersama peserta didiknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi-strategi yang dijalankan guru dalam membina hubungan yang positif dengan peserta didik meliputi: menjadikan peserta didik tidak ubahnya sebagaimana anak sendiri, yang diupayakan guna membangun pondasi yang paling asasi terhadap pendekatan-pendekatan selanjutnya dalam pembinaan hubungan yang positif itu sendiri; membangun keterbukaan dalam jalinan hubungan bersama peserta didik; mengembangkan keadilan dalam jalinan hubungan bersama peserta didik; menerima setiap peserta didik dengan keeksentrikannya masing-masing, menghargai setiap peserta didik dengan kekhasan mereka masing-masing; mengembangkan perhatian dengan pendekatan terhadap masing-masing personal; dan mengerti pun memahami peserta didik secara personal.

This research seeks to review the strategies used by grade 6 teachers at SDN 5 Selat Penuguan, Banyuasin Regency, South Sumatra in fostering positive relationships with their students. This research uses qualitative research methods, with data collection techniques in the form of in-depth interviews. The results of this research regarding the strategies implemented by teachers in fostering positive relationships with students include making students no different from their own children, which is sought to build the most fundamental foundation for subsequent approaches in fostering positive relationships themselves. Then build openness in relationships with students, develop fairness in relationships with students, accept each student with their own eccentricities, respect each student with their own uniqueness, develop attention with an approach to each individual, and understand and understand students personally.

Published

2024-11-01

How to Cite

Rangkuti, B. W., & Latifah, D. A. (2024). Strategi Guru dalam Membina Hubungan Positif dengan Peserta Didik. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 10(2), 160–177. https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i2.4132