Strategi Membangun Brand Image untuk Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan di MAN 2 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i2.4866Keywords:
Strategi, Brand Image, Daya Saing, Strategy, Brand image, CompetitivenessAbstract
Penelitian ini berdasarkan pada fenomena lembaga pendidikan saat ini berlomba-lomba untuk ber-saing menciptakan brand image yang kuat dengan tujuan menarik perhatian masyarakat atau calon peserta didik baru. Itu dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetitivitas pendidikan. Oleh kare-na itu, lembaga pendidikan harus aktif dalam mengembangkan brand dengan menghadirkan inovasi baru dan mencari ide-ide untuk memperkuat citranya, sehingga dapat bersaing secara efektif dengan lembaga pendidikan lainnya. Penlitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendeka-tan studi kasus. Objek peneltian adalah MAN 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah teori Miles dan Huberman tentang analisis data kualitatif. Meyode uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk strategi brand image yang dijalankan MAN 2 Yogyakarta secara konsisten ialah menentukan standar lulusan madrasah, juga mengadakan kelas akselerasi, kelas tahfiz baik asrama maupun nonasrama, kelas broadcast, dan kelas multimedia. Dari kelima brand tersebut peneliti menggunakan strategi brand positioning, strategi brand identity, dan strategi brand personality. Kemudian, Implikasi dari strategi membangun brand image untuk meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di MAN 2 Yogyakarta ialah kualitas pelayanan jadi lebih baik, minat masyarakat dan peserta didik meningkat, serta memberikan identitas bagi madrasah.
This study is based on the phenomenon of educational institutions currently competing to compete to create a strong brand image with the aim of attracting the attention of the public or prospective new students. This is done in order to increase the competitiveness of education. Therefore, educational institutions must be active in developing brands by presenting new innovations and seeking ideas to strengthen their image, so that they can compete effectively with other educational institutions. This study uses a qualitative research type with a case study approach. The object of the study is MAN 2 Yogyakarta. The data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The data analysis method used is Miles and Huberman’s theory of qualitative data analysis. The data validity test method used is source and technique triangulation. The results of the study indicate that the form of brand image strategy that is consistently implemented by MAN 2 Yogyakarta is to determine the standards of madrasah graduates, also hold acceleration classes, tahfiz classes both boarding and non-boarding, broadcast classes, and multimedia classes. From the five brands, the researcher uses brand positioning strategies, brand identity strategies, and brand personality strategies. Then, the implications of the strategy of building a brand image to increase the competitiveness of educational institutions at MAN 2 Yogyakarta are that the quality of service becomes better, the interest of the community and students increases, and it provides an identity for the madrassah.
References
Ahmad, Rumadi. Fikih Persaingan Usaha. Jakarta: Lakpesdam PBNU, 2019.
Aisyah, Siti. Dasar-Dasar Periklanan. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Arwildayanto, Arwildayanto, Arifin Suking, dkk. Manajemen Daya Saing Perguruan Tinggi. Bandung: Cendikia Press, 2018.
Coaker, Coaker. Brand Image: Konsep, Strategi dan Pengukurannya. Yogyakarta: Cendekia Pustaka, 2020.
Fathurrohman, Muhammad. Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia, 2015.
Harahap, Nursapia. Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing, 2020.
Janata, Rizki, dan Anita Puji Astuti, “The Literacy Building Strategi for Madrasah Branding at MA Darut Taqwa Pasuruan,” Jurnal Pendidikan Islam 3, no, 2 (2021): 141-156.
Lestari, Resanti. The Art Branding. Yogyakarta: Zahir Publishing, 2021.
Mahfud, Mahfud. Manajemen Strategi: Konsep, Analisis dan Implementasi. Jakarta: Rajagrafindo Pesrsada, 2021.
Sangadah, Rossy Yatus. “Kreativitas Kepala Sekolah dalam Membangun Brand Image (Studi kasus di SD NU Hasyim Asyari dan SD Islam Ummah Malang).” (UIN Malik Ibrahim Malang, 2023).
Saroni, Mohammad. Analisis dan Strategi Meningkatkan Daya Saing Sekolah. Yogyakarta: ArRuzz Media, 2017.
Setiawati, Rini M. Manajemen Strategi: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Cendekia Pustaka, 2021.
Sidiq, Umar. “Urgensi Pendidikan Pada Anak Usia Dini.” Insania 16, no. 2 (2011).
Soeprajitno, Eddy. Manajemen Strategi: Konsep, Analisis, dan Implementasi. Yogyakarta: Andi, 2020.
Suhadha, Mohammad Kholif. “Analisis Manajemen Program Adiwiyata Sebagai Brand Image Jasa Pendidikan di MTs Negeri 1 Sleman Yogyakarta.” (UIN Sunan Kalijaga, 2022).
Suharyat, Yayat. Model Pengembang Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Islam. Klaten: Lakeisha, 2022.