Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri I Gondang

Authors

  • Surya Adji Pangesti Universitas KH Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia
  • Mohammad Maulana Nur Kholis Universitas KH Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i2.4918

Keywords:

Manajemen, Layanan Bimbingan dan Konseling, Prestasi Belajar Siswa, Management, Guidance and Counseling Services, Student Learning Achievement

Abstract

Layanan bimbingan dan konseling merupakan salah satu program pendidikan yang terdapat di sekolah dan memiliki peran untuk pembaruan, serta untuk mengembangkan potensi pendidikan dan juga komponen yang sangat penting untuk memajukan mutu sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA negeri 1 Gondang, dan menganalisis dampak layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal. Pertama, perencanaan layanan bimbingan konseling untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dimulai dengan adanya assesment siswa yaitu dengan membagikan sebuah angket kepada siswa yang dilakukan pada awal semester. Kemudian mengadakan workshop di awal semester dan setelah itu Kepala Sekolah bersama Waka Kurikulum menggerakkan bapak dan ibu guru untuk merealisasikan program BK. Program tersebut berupa layanan bimbingan klasikal, layanan individu, layanan bimbingan kelompok, layanan informasi, layanan penempatan/penyaluran. Kedua, layanan bimbingan konseling memberikan dampak baik terhadap belajar siswa, yang mana siswa mendapat motivasi untuk selalu belajar dengan giat. Dari adanya bimbingan konseling yang memberikan strategi untuk belajar yang menarik. Selain itu juga siswa juga dapat menyalurkan bakat dan minatnya melalui mengikuti perlombaan baik diluar disekolah mapun di dalam sekolah.

Guidance and counseling services are one of the educational programs available in schools and have a role in reforming, as well as developing educational potential and are also very important components for improving school quality. The aims of this research are to analyze the implementation of guidance and counseling services to improve student learning achievement at SMA Negeri 1 Gondang, and to analyze the impact of guidance and counseling services to improve student learning achievement at SMA Negeri 1 Gondang. The research method uses qualitative research. The results of this research show two things. First, planning for counseling guidance services to improve student learning achievement begins with a student assessment, namely by distributing a questionnaire to students which is carried out at the beginning of the semester. Then held a workshop at the beginning of the semester and after that the principal together with the head of curriculum mobilized the teachers to realize the BK program. The program takes the form of classical guidance services, individual services, group guidance services, information services, placement/distribution services. Second, counseling guidance services have a good impact on student learning, where students get motivation to always study hard. From the existence of counseling guidance which provides interesting learning strategies. Apart from that, students can also channel their talents and interests by participating in competitions both outside school and inside school.

References

Afifa, Anisya, dan Abdurrahman Abdurrahman. “Peran Bimbingan Konseling Islam dalam Mengatasi Kenakalan Remaja.” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 5, no. 2 (2021).

Amelia, Lita, Diaz Robigo, dan Hasanah Imania. “Pentingnya Konseling Religi untuk Mengatasi Kenakalan Remaja: Konseling Religi.” BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu 1, no. 02 (2022): 95-100.

Ani, Sri Nurhayati. “Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling bagi Siswa Broken Home melalui Pendekatan Aswaja di MA Ma’arif NU Randegansari Driyorejo Gresik.” (Disertasi, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, 2021).

Anjali, Alina Ratna, Galuh Putri Rahayu, dan Ida Tri Widiyaningsih. “Peran Guru Bimbingan Konseling terhadap Kenakalan Remaja di SMA Negeri Ambulu Kabupaten Jember.” Education: Scientific Journal of Education 1, no. 2 (2023): 81-95.

Azhary, Ihsan. “Peningkatan Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar Siswa dari Keluarga Broken Home melalui Bimbingan Konseling Islam di Madrasah ‘Aliyah Muhammadiyah Wonogiri.” (Disertasi, IAIN Surakarta, 2021).

Harahap, Akhir Pardamean, Muhammad Hazrat Khairi, Hera Yanti Situmorang, Rizky Nanda Arleni, dan Devi Permata Sari. “Implementasi bimbingan konseling Islam terhadap kenakalan remaja di era digital.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5, no. 1 (2023): 3634-3644.

Masbur, Masbur, dan Nuzliah Nuzliah. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Banda Aceh: Forum Intelektual Al-Qur’an dan Hadist Asia Tenggara, 2017.

Nasution, Henni Syafriana, dan Abdillah Abdillah. Bimbingan Konseling Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPPI, 2019.

Prayitno, Prayitno. Dasar-Dasar Bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Rahmadani, Riyan, Neviyarni Neviyarni, dan Firman Firman. “Manajemen bimbingan dan konseling di sekolah.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 2 (2021): 2973-2977.

Riyono, Riyono. “Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Pembinaan Karakter Siswa di MTs PPKP Sampit.” (Disertasi, IAIN Palangka Raya, 2021).

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Megajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Suhertina, Suhertina. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Pekanbaru: CV Mutiara Pesisir Sumatera, 2014.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Depok: Rajawali Pers, 2008.

UU Sistem Pendidikan Nasional: UU RI No. 20 Tahun 2003 (Jakarta: Redaksi Sinar Grafika, 2014).

Published

2024-11-01

How to Cite

Pangesti, S. A., & Kholis, M. M. N. (2024). Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri I Gondang. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 10(2), 178–192. https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i2.4918