Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SLB Negeri Seduri Mojokerto

Authors

  • Ilham Muhajirin Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia
  • Muhammad Romli Universitas K.H. Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i2.4963

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), Learning Strategies, Islamic Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak berkebutuhan khusus Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SLB Negeri Seduri Mojokerto; serta dampak perilaku peserta didik ADHD dari proses strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB Negeri Seduri Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawacara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan proses pemebelajaran di SLB Negeri Seduri Mojokerto melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kepada peserta didik ADHD dilakukan dengan menggunakan strategi power strategy, strategi pembiasan, dan strategi keteladanan yang digunakan dalam proses internalisasinya kepada peserta didik ADHD. Untuk jenis pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan ialah membaca Al-Qur’an dan menghafal surah-surah pendek; senyum, sapa dan salam; salat zuhur berjamaah; pembelajaran audio visual; pondok Ramadan; dan (6) istigasah Jumat legi. Kedua, dampak perilaku peserta didik dari proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terlihat pada kebiasaan sehari-hari, seperti gotong royong, menghormati guru, dan rasa toleransi.

This research aims to determine the learning strategies of Islamic Education for children with Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) at Seduri Public Special School (SLB Negeri Seduri) Mojokerto, and to assess the impact of ADHD students’ behavior from the process of Islamic Education learning strategies at SLB Seduri Mojokerto. This study is a qualitative descriptive nature. Data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documentation. The results of the research indicate, firstly, that the Islamic Education teachers’ strategies in implementing the Islamic Education learning process at SLB Seduri Mojokerto go through planning, implementation, and evaluation stages. In the implementation process of Islamic Education learning to ADHD students, strategies such as power strategy, habituation strategy, and exemplary strategy are used and internalized to ADHD students. The types of Islamic Education learning applied are reading the Qur’an and memorizing short chapters; smiles, greetings, and salutations; congregational zuhr prayer; audiovisual learning; Ramadan boarding; and Legi Friday istigasah. Secondly, the impact of students’ behavior from the implementation process of Islamic Education learning is evident in daily habits such as mutual cooperation, respecting teachers, and tolerance.

References

Amanah, Siti Nur. “Mengoptimalkan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran Abad 21,” http://staic.ac.id/mengoptimalkan-peran-guru-dalam-proses-pembelajaran-abad-21.html. Diakses pada Rabu, 17 Juni 2023.

Amrulloh, Amrulloh. “Guru Sebagai Orang Tua Dalam Hadis “Aku Bagi Kalian Laksana Ayah.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 2, no. 1 (2016): 70-91.

Amrulloh, Amrulloh. “Pendidikan Habituasi Ibadah Anak: Menelusuri Validitas dan Menangkap Pesan Hadits Perintah Shalat Anak.” Didaktika Religia 4, no. 1 (2016): 1-28.

Chan, Yuan-Shuo. Jia-Tzer Jang, and Chin-Shan Ho. “Effects of Physical Exercise on Children with Attention Deficit Hyperactivity Disorder.” Biomedical Journal 45, no. 2 (2022): 265-270.

Hafiz, Abdul. Pembelajaran PAI untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Medan: SEFA BUMI PERSADA, 2017.

Harahap, Nursapia. Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing, 2020.

Haris, Fahmil, Johandri Taufan, dan Sonya Nelson. “Peran Guru Olahraga bagi Perkembangan Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2021): 3883-3891.

Jannah, Lily Alfiyatul. Kesalahan-Kesalahan Guru PAUD yang Sering Dianggap Sepele. Yogyakarta: DIVA Press, 2013.

Mavianti, Mavianti, dan Rizka Harfiani. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus: SLB ‘Aisyiyah Tembung).” Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2020): 93-103.

Pratiwi, Ratih Putrid, dan Afin Murtiningsih. Kiat Sukses Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus. Yoyakarta: AR-RUZZ Media, 2016.

Ramadhani, Yulia Rizki, dkk. Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. t.tp: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Song, Peige, et al. “The Prevalence of Adult Attention-Deficit Hyperactivity Disorder: A Global Systematic Review and Meta-Analysis.” Journal of Global Health 11 (2021).

Suyadi, Suyadi, dan Mauliya Ulfa. Konsep Dasar PAUD. Bandung, PT: Remaja Rosdakarya, 2015.

Wiyani, Novan Ardi. Konsep Dasar Paud. Yogyakarta: Gava Media, 2016.

Published

2024-09-01

How to Cite

Muhajirin, I., & Romli, M. (2024). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SLB Negeri Seduri Mojokerto. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 10(2), 135–147. https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i2.4963