Implementasi dan Problematika Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Jurusan Keagamaan di MAN Rejoso Jombang
DOI:
https://doi.org/10.26594/dirasat.v1i1.501Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran jurusan Ilmu-ilmu Keagamaan PAI di MAN Rejoso; (2) untuk mendeskripsikan problematika implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI jurusan Ilmu-ilmu Keagamaan di MAN Rejoso. Untuk mendeskripsikan sebab munculnya problematika dan solusi dari problematika implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI jurusan Ilmu-ilmu Keagamaan di MAN Rejoso. Penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di MAN Rejoso berjalan dengan baik walaupun masih banyak kendala, namun kendala tersebut sedikit demi sedikit bisa diatasi; (2) problematika implementasi Kurikulum 2013 memang tidak sedikit baik problem internal maupun eksternal, hal ini terjadi karena masih minimnya informasi yang diperoleh tentang implementasi Kurikulum 2013 secara utuh.
This study aims to: (1) describe the implementation of the Curriculum 2013 for Religious subjects at the Islamic Education Department of MAN Rejoso; (2) describe the problematic implementation of the Curriculum 2013 for Religious subjects at the Islamic Education Department of MAN Rejoso. This research describes the problems and solutions for the problems in the implementation of Curriculum 2013 for Religious subjects at the Islamic Education Department of MAN Rejoso. The current research apllied qualitative approach with descriptive methods, that is observing subjects’ written or spoken words and behavior. The data collection was done by conducting interviews, observation, data reduction analysis, and data verification. Based on the results of research, it can be concluded that: (1) the implementation of the curriculum 2013 on the Islamic Education subjects in MAN Rejoso has been going well although there are still many obstacles. These obstacles, however, can be overcome little by little; (2) the problems, both internal and external problems, in implementing the Curriculum 2013 were not insignificant because of the lack of information on the implementation of the Curriculum 2013.
References
Arikunto, Suharsismi. Pengelolaan kelas Dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluasi. Jakarta: Ghalia Utama, 1996.
Darmaningtyas, Problematika Implementasi Kurikulum 2013, Koran Tempo, Rabu, 10 Juli 2013.
Fadlillah, M. Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Hamilik, Oemar. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.
Koentjaraningrat. Metode-metode Penelitian Masyarakat Edisi ketiga. Jakarta: Grafindo Pustaka Utama, 1996.
Kunandar. Guru professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Moloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC, 2006.
Muhajir, Noeng. Metode penelitian Kualitatif. Ed. III. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996.
Mulyasa, E. Kurikulum berbasis kompetensi, Konsep, Karakteristik Implementasi dan Inovasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
_______. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandun: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013.
Riyanto, Yatim. Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC, 2001.
Rosyid, Harun. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu Sosial dan Agama. Pontianak: STAIN Pontianak, 2000.
Sitepu, Henny Supolo. Kurikulum 2013 dan Pembentukan Karakter, dalam A.Ferry T.Indratno, Menyambut Kurikulum 2013. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2013.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2005.
Sujana, Nana dan Ibrahim. Penelitian dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru, 1989.
Sunarto. Pengembangan Pembelajaran. Bahan Kuliah S2 semester 3.
Suparlan, Parsudi. Pengantar Metode Penelitian Suatu Pendekatan. Ttp: 1993.
Suprayogo, Imam dan Tobroni. Metode Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.