Minat Mahasiswa Setelah Lulus Kuliah Terhadap Entrepreneurs: Studi Kasus Mahasiswa Peserta Pelatihan Entrepreneurship Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang Tahun 2015

Authors

  • A. Syafi' AS Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Fathur Rofi'i Universitas Darul 'Ulum Jombang

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v1i2.534

Keywords:

SWOT Analisis, Minat Mahasiswa, Lulus Kuliah, Entrepreneurs/ SWOT Analysis, Student Interest, Postgraduate, Entrepreneurs

Abstract

Abstrak: Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah kemampuan kreatif dan inovatif dalam menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses pengelolaan sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda. Di Indonesia, kewirausahaan dipelajari baru terbatas pada beberapa sekolah atau perguruan tinggi tertentu saja. Program yang dilakukan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang ditambah dengan adanya bantuan penguatan entrepreneurs centre PTKI tahun 2015 dari Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI dapat menjadi batu loncatan bagi mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang yang ingin membuka usaha pada saat lulus kuliah nanti. Penelitian ini merupakan SWOT analasis tentang minat mahasiswa peserta entrepreneursip mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang setelah lulus kuliah terhadap entrepreneurship. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat adalah sebanyak 63.48% perempuan dan 66.05% laki-laki ingin membuka usaha setelah lulus, artinya minat menjadi wirausaha lebih besar pada mahasiswa laki-laki. Mahasiswa yang ingin bekerja setelah lulus adalah 24.17% perempuan dan 26.12% laki-laki. Untuk mahasiswa yang ingin menjadi Pegawai Negri Sipil setelah lulus hampir berimbang, yaitu 5.19% perempuan dan 5.23% laki-laki. Sedangkan yang menginginkan menjadi guru lebih banyak terjadi pada mahasiswa perempuan, yaitu 7.16% dan hanya 2.14% dari mahasiswa laki-laki. Yang paling menarik dalam temuan penelitian ini adalah didapatnya 0.46% mahasiswa laki-laki yang ingin menjadi ABRI pada saat lulus kuliah, melihat latar belakang data yang di dapat mahasiswa yang ingin jadi ABRI dilatarbelakangi oleh orangtuanya yang memang ABRI.

Abstrak: Entrepreneurship is the ability to be creative and innovative in creating added value in the market through the process of managing resources in new dan different ways. In Indonesia, a new study of entrepreneurship is limited to some particular schools or colleges course. The program conducted by The Faculty of Islamic Studies of The University of Darul ‘Ulum Jombang coupled with the help of strengthening entrepreneurs center of PTKI 2015 from the Directorate of Islamic Higher Education Ministry of Religious Affairs may be bridging for students of Faculty of Islamic Studies 0of The University of Darul ‘Ulum Jombang that wants to open a business at the college later. This research is a SWOT analysis on student interest of the entrepreneursip participants of The Faculty of Islamic Studies of The University of Darul ‘Ulum Jombang after graduating towards entrepreneurship. The technique of collecting data is through observations, interviews, questionnaires and documentations. Based on this research, there are 63.48% of women and 66.05% of men who would like to open a business after graduation, being an entrepreneur means greater interest in male students. Students who want to work after graduation are 24.17% of women and 26.12% of men. For students who want to be a Civil Affairs Officer after graduating almost balanced: 5.23% of women and men. Wanting to be a teacher is more common in female students: 7.16%, and only 2.14% of male students. The most interesting in these findings is that 0.46% of male students who want to become the ABRI (Indonesian Armed Forces) at the time of graduating from college. The students who want to be ABRI have parents who work as ABRI.

References

Akdon. Stategic Management for Education Management (Manajemen Strategik Untuk Manajemen Pendidikan). Bandung: Alfabeta, 2007.

Alma, Buchari. Kewirausahaan. Bandung: Alpabeta, 2009.

Aziz, Abdul Bin Abdul Latif dan Ahmad Ghazali. “Opportunities for Cross Boarder Entrepreneurship Education in ASEAN Region”, dalam IICIES. Banten: International Seminar, SMB-ITB dan UMN, 2010.

Berry. Tim Use SWOT Analisys. http://planasyougo.com/use-a-swot-analysis.

Clelland, David Mc. The Achieving Society. Canada: D. Van Nastrard Company, Inc., 1987.

David, Fred R. Manajemen Strtegis Konsep. Terj. Ichan Setiyo Budi. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

Depertemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

http://www.ciputra.org.

European Commision Directorate-General of Enterprise and Industry. A Survey of Entrepreneurship in igher Education in Europe. NIRAS Consultant, FORA, Econ POYRY, 2008.

Griffin, RW dan Ebert, RJ. Binis. Jakarta: Prehallindo, 1997.

Hadi Suwaji. Kewirausahaan, Tujuan, Manfaat dan Ruang Lingkupnya. Makalah disampaikan dalam Pelatihan Entrepreneurship Mahasiswa FAI Undar Jombang, 20 Desember 2015.

http://en.wikipedia.org.

http://www.hidayatullah.com.

http://nasional.republika.co.id

http://www.businessweek.com.

Dewi, Ike Janita. “Framework in Calculating the Economic Contribution of the Copyright-based Industries in Indonesia using WIPO Methodology”, dalam IICIES. Banten: International Seminar, SMB-ITB dan UMN, 2010.

Haidir, Imron. Kewirausahaan Dan Ekonomi Kreatif Berbasis ICT. Makalah disampaikan dalam Pelatihan Entrepreneurship Mahasiswa FAI Undar Jombang, 20 Desember 2015.

Kasali R., Myelin, dkk. Modul Kewirausahaan Untuk Program Strata 1. Bandung: PT. Mizan Republika, 2010.

Kasali R., Myelin. Mobilisasi Intangibles Menjadi kekuatan Perubahan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.

Kasmir. Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.

Kuratko, D.F. Entrepreneurship, Theory, Process, Practice. 8 Edition. South-Western Cengage Learning. Mason, OH. South-Western, 2009.

Marzali, A. Antropologi dan Pembangunan Indonesia. Jakarta: Prenada Media, 2005.

Meredith, Geoffrey G. et.al. Kewirausahaan; Teori dan Praktek. (terjemahan). Jakarta: PPM, 1996.

Mutis, Thoby. Kewirausahaan yang Berproses. Jakarta: Cresindo, 1995.

Salim Siagian dan Asfahani, Kewirausahaan Indonesia dengan Semangat 17.8.45. Jakarta: Loang Klede Jaya PT Putra Timur bekerjasama dengan Puslatkop dan PK Deplop dan PPK, 1995.

Syafiqi, Usman M. Kreatif dan Inovatif dalam Entrepreneurship. Makalah disampaikan dalam Pelatihan Entrepreneurship Mahasiswa FAI Undar Jombang, 23 Desember 2015.

Wahjoetomo. Perguruan Tinggi Pendidikan Alternatif Masa Depan, Jakarta: Gema Insani Press, 1995

Wiratmo, Masykur. Pengantar Kewiraswastaan. Yogyakarta: BPFE. 1996.

How to Cite

AS, A. S., & Rofi’i, F. (2016). Minat Mahasiswa Setelah Lulus Kuliah Terhadap Entrepreneurs: Studi Kasus Mahasiswa Peserta Pelatihan Entrepreneurship Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang Tahun 2015. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 1(2), 225–247. https://doi.org/10.26594/dirasat.v1i2.534

Issue

Section

Artikel