Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menghadapi Tantangan Perilaku Sosial Peserta Didik pada Abad 21 di Madrasah

Authors

  • Farihatil Fitriyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Zakariyah Zakariyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto Dwijo Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i2.5343

Keywords:

Strategi, Guru Akidah Akhlak, Perilaku Sosial, Abad 21, Strategy, Akidah Akhlak Teacher, Social Behavior, 21st Century

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru Akidah Akhlak dalam menghadapi tantangan perilaku sosial peserta didik pada abad 21 di MAN Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang dilakukan adalah dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Masalah yang ditemukan di MAN Sumenep adalah merosotnya perilaku sosial peserta didik salah satunya karena kemajuan teknologi yang memberi dampak banyak hal terhadap peserta didik di antaranya, mereka cendrung kurang peduli terhadap lingkungan, mulai terbawa oleh suasana kehidupan yang individualis, menurunnya daya saing antar peserta didik, lemah dalam menentukan komunitas pertemanan dan merosotnya nilai-nilai akhlak di kalangan mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru Akidah Akhlak menerapkan strategi dengan menanamkan pentingnya belajar sebagai bekal di masa depan, mengajak peserta didik untuk peduli terhadap lingkungan, menggalakkan adab dan budi pekerti, mengaitkan materi Aqidah Akhlak dengan kehidupan nyata (kontekstual), memahami pola pikir peserta didik, menjadikan diri sebagai contoh atau teladan bagi peserta didik, dan berkolaborasi dengan wali murid.

The purpose of this study was to determine the strategies used by Akidah Akhlak teachers in facing the challenges of students’ social behavior in the 21st century at MAN Sumenep. This research uses qualitative research methods with descriptive qualitative research types. Data collection techniques used through observation, interviews, and documentation. The data sources used are primary data and secondary data. Data analysis is done by condensing data, presenting data, and drawing conclusions. The problem found in MAN Sumenep is the decline of social behavior of students one of which is due to technological advances that impact many things on students including, they tend to care less about the environment, began to be carried away by the atmosphere of individualist life, decreased competitiveness among students, weak in determining the community of friends and the decline of moral values among them. To overcome these problems, Akidah Akhlak teachers apply strategies by instilling the importance of learning as a provision for the future, inviting students to care for the environment, promoting adab and manners, linking Aqidah Akhlak material with real life (contextual), understanding the mindset of students, making themselves as examples or role models for students, and collaborating with student guardians.

References

Nurseha, Afif, dan Dewi Gita Permani. “The Leverage of the Power of Two Method in Enhancing Students Learning Outcome in Akeedah Akhlak (Moral Theology) at MTs Manbatul Fikri Curugrendeng.” International Journal of Teaching and Learning 2, no. 1 (2024): 55–70.

Ramadani, Gina, dan Rustam Ependi. “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan.” ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 7, no. 1 (2023): 17–28.

Somantri, Diki. “Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru.” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi 18, no. 02 (2021): 188–95.

Harefa, Amstrong. “Pengaruh Globalisasi terhadap Perilaku Sosial Siswa.” Educativo: Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2022): 271–77.

Hartini, Sri. “Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru di MTs Negeri Kabupaten Klaten.” AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education 2, no. 1 (2017).

Azhar, Khoirul, dan Izzah Sa’idah. “Studi Analisis Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Potensi Nilai Moral Peserta Didik di MI Kabupaten Demak.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 10, no. 2 (2017).

Putri, Ike Rahayu, dan Hawwin Muzzaki. “Implementasi Strategi Guru Akidah Akhlak untuk Membentuk Karakter Siswa Berbasis Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamiin (Isra): di MTs Darussalam Kademangan Kabupaten Blitar.” Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan 3, no. 3 (2023): 285–99.

Iman, Tati Bustanul. “Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Kepribadian Siswa Mts DDI Palirang.” Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 9, no. 2 (2022).

Adirza, Dwini, dan Abdurrasyid Abdurrasyid. “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Kelas VII MTs Al-Fajar Sei Mencirim.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7, no. 1 (2024): 377–80.

Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Gaol, Nevlida M Lumban, Suhaedah Suhaedah, dan Jennyta Caturiasari. “Dampak Negatif Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar.” dalam Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, vol. 2, 2021, 950–58.

Chudzaifah, Ibnu, dan Fitri Rahmayanti. “Pengaruh Media Sosial terhadap Krisis Akhlak Peserta Didik.” Transformasi: Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam 6, no. 1 (2022): 27–51.

Darwin, Darwin. “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di SDN 12 Muntei Tahun Ajaran 2022/2023.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5, no. 2 (2023): 13–16.

Astuti, Mardiah. “Dampak Lingkaran (Circle) Pertemanan terhadap Moral dan Karakteristik Mahasiswa.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5, no. 2 (2024): 1369–83.

Khasanah, Wikhdatun. “Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Islam.” Jurnal Riset Agama 1, no. 2 (2021): 296–307.

Santoso, Gunawan, Andi Sukri Adam, dan Andi Afif Alwajih. “Kontribusi dan Internalisasi: Keterampilan Sosial Melalui Bergotong Royong dan Collaboration di SD Kelas VI.” Jurnal Pendidikan Transformatif 2, no. 4 (2023): 541–53.

Yusiyaka, Rahmi Alendra, Jihan Solehatun Nisa, dan Indah Kurniasih. “Character Building Program melalui Kegiatan Edukasi di Lingkungan Taman Kota Bogor.” Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah 2, no. 2 (2019): 150–55.

Idris, Muhammad. “Penerapan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak pada Materi Menghindari Akhlak Tercela di Kelas XI MIA MA Putra DDI Mangkoso Kabupaten Barru.” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran 1, no. 1 (2019): 22–29.

Furkan, Nuril. Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama, 2013. https://books.google.co.id/books?id=GzCzEAAAQBAJ.

Muhaini, Hadi. “Optimalisasi Pendidikan Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah dalam Membentuk Perilaku Positif Siswa.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6, no. 2 (2019): 176–85.

Ilham, Muhammad, et al. “Kerjasama Sekolah dan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7, no. 1 (2022): 107–18.

Sauri, Sopian, et al.. “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio Fkip Unma 8, no. 3 (2022): 1167–73.

Listiani, Feby Eka, et al. “Analisis Kendala dan Solusi dalam Pelaksanaan Pembelajaran dengan Menerapkan Kurikulum Merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo.” Sindoro: Cendikia Pendidikan 1, no. 2 (2023): 101–11.

Published

2024-12-01

How to Cite

Fitriyah, F., Zakariyah, Z., & Dwijo, A. Q. N. E. S. (2024). Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menghadapi Tantangan Perilaku Sosial Peserta Didik pada Abad 21 di Madrasah. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 10(2), 193–211. https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i2.5343