Materi Pendidikan Islam dalam Hadis Nabi dan Relevansinya dengan Konsep dan Sistem Pendidikan Modern

Penulis

  • Mays Brim Baharun Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • M. Zainul Mustofa Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Khoirotul Laili Maghfiroh Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v4i2.1736

Kata Kunci:

Curriculum, Islamic education, Propethic ?ad?th, modern education.

Abstrak

This article discusses Islamic educational material in the ?ad?th of the Prophet and its relevance to the concepts and systems of modern Islamic education. Referring to the importance of Islamic education in Indonesia, it is necessary to study the materials that must be used as a guide and basis for Islamic education. Islamic education material is the experiences of learning the Islamic religion which are arranged in such a way as to be presented or delivered to students. This study has two objectives, namely knowing and understanding the content of the ?ad?th that discuss educational material; as well as knowing the relevance of Islamic education material to the systems and concepts of modern Islamic education. This article concludes that Islamic education materials recorded in the Prophet’s ?ad?th have relevance to the systems and concepts of modern Islamic education.

Referensi

Ābādī (al), Muḥammad Ashraf b. ‘Āmir al-‘Aẓīm. ‘Awn al-ma‘būd sharḥ sunan abī dāwud. Beirūt: Dār al-Kutub al-Ilmiyyah, 1997.

Abū Dāwud al-Sijistānī. Al-Sunan. Beirūt: Dār al-Kutub al-Ilmiyyah, 2002.

Afendi, Arief Hidayat. Al-Islam Studi Al-Qur’an: Kajian Tafsir Tarbawi. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Amrulloh, Amrulloh. “Guru Sebagai Orang Tua Dalam Hadis ‘Aku Bagi Kalian Laksana Ayah.’” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 2, no. 1 (2016).

Amrulloh, Amrulloh. “Hadis Sebagai Sumber Hukum Islam: Studi Metode Komparasi-Konfrontatif Hadis-Al-Qur’an Perspektif Muhammad Al-Ghazali dan Yusuf al-Qaradawi.” Ahkam: Jurnal Hukum Islam 3, no. 2 (2015).

Amrulloh, Amrulloh. “Pendidikan Habituasi Ibadah Anak: Menelusuri Validitas dan Menangkap Pesan Hadits Perintah Shalat Anak.” Didaktika Religia 4, no. 1 (2016).

Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Aynī (al), Badr al-Dīn, Muḥammad b. Aḥmad b. Mūsā. ‘Umdat al-Qārī Sharḥ Ṣaḥīḥ al-Bukhārī. Beirut: Dār Ihyā’ al-Turāth al-‘Arabī, t.th.

Barsihannor. Belajar dari Luqman al-Hakim. Yogyakarta: Kota Kembang, 2009.

Bukhārī (al), Muḥammad b. Ismā‘īl. Al-Jāmi‘ al-ṣaḥīḥ. Beirut: Dār al-Kutub al-Ilmiyyah, 2009.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Emang, Muh. Ruddin. Pendidikan Agama Islam. Makassar: Yayasan Fatiya, 2002.

Haryanti, Nik. Ilmu Pendidikan Islam (IPI). Jakarta: Gunung Samudera, 2014.

Ibn Khaldun, Muhammad. Mukaddimah Ibnu Khaldun. Jakarta: Pustaka Al-Kausar, 2011.

Ibn Mājah al-Qazwīnī. Al-Sunan. Kairo: Dār al-ḥadith, 2009.

Ihsan, Hamdani, dkk., Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2007.

Ilmy, Bahrul. Pendidikan Agama Islam. Bandung: Grapindo, 2006.

Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka al-Husna, 1986.

Langgulung, Hasan. Asa-asa Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1992.

Mori, Edgar. Tujuh Materi Penting Bagi Dunia Pendidikan. Jogja: Kanisius, 2005.

Mubārakafūrī (al), Muḥammad Abd al-Raḥmān b. Abd al-Raḥīm. Tuḥfat al-Aḥwādhī bi-Sharḥ Jāmi’ al-Tirmidhī. Beirut: Dār al-Kutub al-Ilmiyyah, t.th.

Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2006.

Nasā’ī (al), Aḥmad b. Shu‘ayb. Al-Sunan. Beirut: Dār al-Kutub al-Ilmiyyah, 2012.

Nasution, S. Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Nizar, Samsul. Memperbincangkan Dinamika Intelektual dan Pemikiran Hamka Tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2008.

Nurdin, Syafruddin, dan M. Basyiruddin Usman. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press, 2003.

Oemar Hamalik. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.

Rahman, Jamal Abdul. Tumbuh di Bawah Naungan Ilahi: Doa dan Kiat Nabi Mendidik Anak Sejak dari Sulbi Ayah dalam Kandungan Ibu Hingga Dewasa, Terj. Ghazali Mukri. Yogyakarta: Media Hidayah, 2002.

Sasono, Adi. Solusi Islam atas Problematika Umat Ekonomi, Pendidikan dan Dakwah. Jakarta: Gema Insani Press, 1998.

Sindī (al), Nūr al-Din. Al-Hāshiyah ‘alā sunan ibnu mājah. Beirūt: Dār al-Jail.

Suhardan, Dadang, dkk. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.

Syaibany (al), Umar Muhammad al-Toumy. Falsafah Pendidikan Islam, Terj. Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

Tim UPI. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama, 2007.

Tirmidhī (al), Muḥammad b. ‘Īsā. Al-Sunan. Beirut: Dār al-Kutub al-Ilmiyyah, 2000.

Umami, Santi Rika, dan Amrulloh Amrulloh. “Internalisasi Nilai-Nilai Pedidikan Akhlak Santri Putri Asrama X Hurun Inn Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017).

Umar, Bukhari. Hadis Tarbawi. Jakarta: Amzah, 2012.

Umar, Moh. Chudlori. “Pendidikan Islam Kontemporer,” dalam http://fahdamjad.Files.wordpres.com/pendidikan-islam-kontemporer.pdf. diakses pada 28 Maret 2019.

Diterbitkan

2018-12-01

Cara Mengutip

Baharun, M. B., Mustofa, M. Z., & Maghfiroh, K. L. (2018). Materi Pendidikan Islam dalam Hadis Nabi dan Relevansinya dengan Konsep dan Sistem Pendidikan Modern. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(2), 207–221. https://doi.org/10.26594/dirasat.v4i2.1736

Terbitan

Bagian

Artikel