Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Fiqih Berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i1.3634Kata Kunci:
LKPD elektronik, Strategi REACT, Liveworksheets, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi | Electronic LKPD, REACT Strategy, Liveworksheets, Higher Order Thinking Skill.Abstrak
Abad 21 ditandai dengan percepatan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi serta tidak ada batas antara ruang dan waktu antar negara. Standar baru diperlukan agar siswa memiliki kompetensi yang dibutuhkan di abad 21. Salah satu cara yang dapat digunakan yakni dengan dikembangkannya bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik elektronik berbasis REACT. Oleh karena itu, peneliti melakukan pengembangan bahan ajar LKPD elektronik dengan memanfaatkan situs Liveworksheets. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik elektronik fiqih berbasis REACT menggunakan Liveworksheets, menganalisis kelayakan, dan menganalisis keefektifannya dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G dan VII-H MTs Negeri 2 Pasuruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau R&D dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Produk yang dikembangkan dilakukan uji validasi oleh ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media. Berdasarkan uji validasi ahli bahasa memperoleh persentase 100%, uji validasi ahli materi memperoleh persentase 94,1%, sedangkan uji validasi ahli media memperoleh persentase 89,5%. Dengan demikian LKPD elektronik yang dikembangkan dapat dikategorikan sangat layak. Berdasarkan hasil angket respon siswa pada uji coba terbatas memperoleh persentase sebanyak 91,25% dan pada uji coba lapangan memperoleh persentase 93% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan ini LKPD elektronik berbasis REACT menggunakan Liveworksheets sangat layak digunakan dalam proses belajar. Kemudian dari hasil uji N-Gain, peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas eksperimen mendapatkan skor rata-rata 67% yang masuk dalam kategori cukup efektif dan memiliki interpretasi bahwa LKPD elektronik Fiqih berbasis REACT memiliki efektivitas yang sedang dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
The 21st century is marked by the accelerated development of science, technology and information and there are no boundaries between space and time between countries. New standards are needed so that students have the competencies needed in the 21st century. One way that can be used is by developing teaching materials in the form of REACT-based electronic student worksheets. Therefore, researchers are developing electronic worksheet teaching materials by utilizing the Liveworksheets site. The purpose of this study was to produce electronic student worksheets fiqh based on REACT using Liveworksheets, analyze their feasibility, and analyze their effectiveness in improving higher-order thinking skills. The subjects in this study were students of class VII-G and VII-H of MTs Negeri 2 Pasuruan. Data collection techniques used are observation, interviews, questionnaires, and documentation. This research uses development research or R&D using the ADDIE model which consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The products developed were tested for validation by linguists, material experts, and media experts. Based on the validation test, the linguist obtained a percentage of 100%, the validation test for the material expert obtained a percentage of 94.1%, and the media expert validation test obtained a percentage of 89.5%. Thus the developed electronic LKPD can be categorized as very feasible. Based on the results of the questionnaire, students' responses in the limited trial obtained a percentage of 91.25% and in the field trial obtained a percentage of 93% with very good qualifications. With this, REACT-based electronic worksheets using Liveworksheets are very feasible to use in the learning process. Then from the results of the N-Gain test, the increase in students' higher-order thinking skills in the experimental class obtained an average score of 67% which was in the quite effective category and has the interpretation that the REACT-based Fiqh electronic worksheet has moderate effectiveness in increasing higher-order thinking skills.
Referensi
Agustina, Nelmi, dkk. “Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran CTL Untuk Mencapai HOTS pada Materi Getaran Harmonis.” Proceeding IAIN Batusangkar 1, no. 3 (2019): 169-176.
Center for Occupational Research and Development. “REACTing to Learn: Student Engagement Strategies in Contextual Teaching and Learning.” CORD: Leading Change In Education 3, no 1, 3-13.
Fani, Kastri, dkk. “Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Pelajaran IPA Kelas V MIN 25 Aceh Utara.” Genderang Asa: Journal of Primary Education 2, no. 2 (2021): 66-75.
Febriana, Y, dkk. “Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skills pada Materi Statistika.” Jurnal Dimensi Matematika 2, no. 2 (2019): 138-145.
Hariyati, Dina Putri dan Putri Rachmadyanti, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheets untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V.” JPGSD 10, no. 7 2022: 1473-1483.
Herlina, Elda dan Ilmadi. “The Implementation of REACT Strategy in Training Students Higher Order Thinking Skills (HOTS).” Ta’dib 25, no. 1 (2022): 47-57.
Kemendikbud. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang. Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. (Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud, 2019).
Khoerunnisa, Nabila, dkk. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Liveworksheets Pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku.” Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik 7, no. 1 (2023): 391-397.
Kurniawati, Ike, dkk. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES 2, no. 1 (2019): 701-707.
Lestari, Sri. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan TIK Oleh Guru.” Kwangsan 3, no. 2 (2015): 121-134.
Maulana, Yusup, dkk. “Development Electronic Student Worksheet based on Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) in Introduction to Chemistry and Laboratory.” JKTK: Jurnal Tadris Kimiya 6, no. 2 (2021): 213-222.
Maylitha, Evi, dkk. “Pentingnya Information and Communication Technology bagi Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Abad 21.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 1 (2022): 8051-8062.
Prastika, Yuri, dan Masniladevi. “Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar.” Journal of Basic Education Studies 4, no. 1 (2021): 2601– 2614.
Puspita, Vivi. “Efektivitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 1 (2021): 86-96.
Rohaeti, Euis Eti, dkk. Pembelajaran Inovatif Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama, 2019.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2019.
Tania, Dwi. “Analisis Kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skills) Siswa pada Pembelajaran Online di SMAN 1 Teluk Kuantan Tahun Pelajaran 2020/2021.” (Tesis, Universitas Islam Riau, 2021).
Triana, Neni. LKPD Berbasis Eksperimen. Jakarta: Guepedia, 2021.
Wahyuni, K.S.P, dkk. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar.” Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 5, no. 2 (2021): 301-311.
Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Wulandari, Winda Tri, dkk. “Pengembangan LKPD Berorientasi REACT Strategy pada Materi Momentum dan Impuls.” Jurnal Kumparan Fisika 3, no. 2 (2020): 151-162.