PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH KETRAMPILAN DASAR PRAKTEK KLINIK
Abstract
ABSTRAK
Peningkatan  mutu  pendidikan  di  sekolah  pada  dasarnya  dapat  dilihat  dari  meningkatnya prestasi belajar yang merupakan wujud dari hasil belajar siswa yang maksimal. Adapun hasil belajar  siswa  pada  hakikatnya  dipengaruhi  oleh  beberapa  faktor  antara  lain  kemandirian belajar.  Penelitian  ini  bertujuan  menganalisis  pengaruh  kemandirian  belajar  dengan  prestasi belajar mata kuliah KDPK di Prodi D-III Kebidanan FIK UNIPDU Jombang. Adapun metode penelitian  yang  digunakan  observasi  analitik  dengan  pendekatan  Cross  Sectional.  Pada penelitian ini semua populasi digunakan sebagai sampel yaitu mahasiswa semester I Prodi D-III  Kebidanan  FIK  UNIPDU  Jombang  sebanyak  100  mahasiswa.  Teknik  analisa  data  yang digunakan  adalah  korelasi  Pearson  Product  Moment  dan  regresi  ganda  dengan  taraf signifikansi  5%.Hasil  penelitian  ini  adalah  ada  pengaruh  positif  yang  signifikan  antara kemandirian  belajar  dengan  prestasi  belajar  sebesar  0,551.  Kesimpulan  penelitian  ini  adalah ada pengaruh positif yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar.
Kata Kunci : kemandirian belajar, mata kuliah KDPK, prestasi belajar
ABSTRACT
Basically,  the  improved  of  education  quality  at  schools  can  be  seen  from  the  increasing  of learning  achievement.  This  achievement  arises  due  to  their  effort  in  learning  process.  The student  learning  outcomes  is  essentially  influenced  by  several  factors  such  as  emotional intelligence  and  independence  of  learning.  The  study  aims  to  analyze  the  relationship  of independent  study  with  learning  achievement  KDPK  courses  in  D-III  Midwifery  FIK UNIPDU  Jombang.The  method  of  research  used  observational  analytical  Cross  Sectional approach. In this study all samples of the population is used as a first semester student Prodi D-III  Midwifery  FIK  UNIPDU  Jombang  as  many  as  100  students.  Data  analysis  technique used is the Pearson Product Moment correlation and multiple regression with a significance level of 5%. The results of this study was there a significant positive relationship between the independence  of  learning  with  learning  achievement  of  0.551.  The  conclusions  of  this  study was that there was a significant positive relationship  between independence of  learning and learning achievement.
K eyw ords : independence of  learning, KDPK courses, learning achievement.