PENYESUAIAN DIRI ORANG TUA DAN PERANANNYA DALAM TERAPI ANAK AUTIS
Abstract
ABSTRAK
Pada mumnya orang tua tidak mudah untuk menerima kenyataan bahwa anaknya  dinyatakan mengalami  autism.  Sikap  mental  yang  belum/tidak  bisa  menerima  kenyataan  ini  seringkali berdampak pada kemampuan orang tua untuk menyesuaikan diri dengan kekhususan keadaan anaknya.  Di  satu  sisi  autism  membutuhkan  penanganan  yang  sangat  komplek  dan membutuhkan  partisipasi  dan  peran  aktif  orang  tua  dalam  banyak  hal  terkait  dalam  proses terapi.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengidentifikassi  adanya  hubungan  antara  tingkat penyesuaian  diri  dan  peran  orang  tua  dalam  terapi  anak  autism.  Penelitian  ini  merupakan study analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional, populasi penelitian ini meliputi semua orang tua yang memiliki anak autism dan masih aktif pada sekolah autism di Jombang, sejumlah  22  orang.  Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  terdapat  hubungan  yang signifikan  antara  penyesuaian  diri  orang  tua  dan  peran  mereka  dalam  terapi  anak  autism. Sehingga perhatian terhadap orang tua dengan anak autism sangatlah penting, karena dengan penerimaan  dan  penyesuaian  diri  yang  baik  diharapkan  peran  aktif  mereka  semakin  baik dalam berbagai upaya penanganan autism untuk menunjang keberhasilan terapi.
Kata kunci: orang tua, penyesuaian diri, peran, terapi autism
ABSTRACK
In  general  it  is  not  easy  for  parents  to  accept  reality  when  their  child  are  stated  having autism. This mental attitude which can’t accept the reality often impact  on  the  inability  of parents  to  adjust  to  the  situation  of  children.  Whereas  autism  require  a  very  complex treatment  and  requires  active  participation  of  parents  in  many  ways  related  to  the  therapy. The purpose of this study is to identify the correlation between parental adjustment with their role in the treatment of children with autism. This study is a correlational analytic research with cross sectional approach, with a population of all parents who have children with autism and is still active in the autism school in Jombang with the number 22 people. The results of this  study  indicate  that  there  was  a  significant  correlation  between  parental  adjustment  and their role in autism therapy. So concern for parents of children with autism is very important, because with the better  parent to acceptance and adjustment to their child is expected to be the better their active role in various efforts to the treatment of autism.
Key word: adjustment, autism therapy, parents, roles