HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK PLUS MUTIARA ILMU PANDAAN PASURUAN
Abstrak
ABSTRAK
Usia 5 tahun pertama merupakan usia terpenting untuk mengasah dan menstimulasi berbagai perkembangan anak, karena akan mempengaruhi kehidupan dan kepribadian individu dimasa berikutnya. Perbedaan kecepatan berkembang anak selain dipengaruhi oleh faktor genetik, juga dipengaruhi faktor lingkungan yang meliputi stimulasi, kelompok sebaya dan cinta dan kasih dari orang tua atau pola asuh. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan kognitif dan perkembangan psikososial anak usia prasekolah di TK Plus Mutiara Ilmu Pandaan Pasuruan. Desain penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling yang terdiri dari 34 responden. Instrument penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi skunder. Data dianalisis dengan menggunakan uji spearman rho dengan tingkat kemaknaan α=0,05. Hasil uji spearman rho pada variabel pola asuh dan perkembangan kognitif didapatkan nilai Ï = 0,119 berarti H0 diterima yang artinya tidak ada hubungan antara pola asuh dengan perkembangan kognitif dan pada variabel pola asuh dan perkembangan psikososial diperoleh nilai Ï = 0,002 berarti H0 ditolak yang artinya ada hubungan antara pola asuh dengan perkembangan psikososial. Pola asuh sangat penting dan berpengaruh terhadap perkembangan psikososial anak. Semakin baik pola asuh orang tua maka semakin baik pula perkembangan psikososial anak, oleh karena itu dianjurkan pada orang tua untuk dapat berperan aktif dalam menstimulasi perkembangan psikososial anak dengan cara melatih dan memberi kesempatan anak untuk berkomunikasi baik dengan orang tua serta teman sebayanya.
Kata kunci : pola asuh, perkembangan koginitif, perkembangan psikososial
Â
ABSTRACT
The First 5 years of age is the most important age to sharpen and stimulate a variety of child development, because it will affect their life and the days in the future. The difference of development rate besides influenced by genetic factors, is also influenced by environmental factors, including stimulation, peer group and parents’ love and care or parenting. The purpose of this study is to determine the relationship between the pattern of parental care and preschoolers’ cognitive and psychosocial development children in TK Plus Mutiara Ilmu Pandaa Pasuruan. The design of this study is analytic with cross sectional approach that exerted simple random sampling technique with the sample 34 respondents. The instrument of the study was interviews, and scunder observation. The data were analyzed using Spearman rho test with significance level of α = 0.05. The Spearman rho test on the parenting variables and the cognitive development obtained the value of Ï = 0.119 which means H0 was accepted. This implies that there is no relationship between parenting and cognitive development. Where as the test on parenting variables and psychosocial development obtained the value of Ï = 0.002 which means H0 is rejected. This shows us that there is a relationship between the patterns of parental care and psychosocial development. Parental care pattern is very important and influential on the children’s psychosocial development. The better the patterns of parental care, the better the children’s psychosocial development. There fore, it is suggested that parents play the active role in stimulating their children’s psychosocial development by training and allowing them to communicate both with their parents and peers.
Keywords: koginitif development , parenting, psychosocial development