HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN INDEKS PRESTASI KOMULATIF MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN
Abstrak
ABSTRAK
Kecukupan  gizi  dan  pangan  merupakan  salah  satu  faktor  terpenting  dalam  mengembangkan kualitas  sumberdaya  manusia,  hal  ini  merupakan  foktor  kunci  dalam  keberhasilan pembangunan  suatu  bangsa.  Dalam  hal  ini  gizi  ternyata  sangat  mempengaruhi  terhadap kecerdasan  dan  produktivitas  kerja.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  hubungan status  gizi  dengan  indeks  prestasi  komulatif  mahasiswa  akademi  kebidanan  gema  nusantara bekasi  tahun  2011.  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  deskriptif  analitik dengan  pendekatan  Cross  Sectional  yaitu  pengumpulan  data  sekaligus  pada  suatu  saat. Instrument  penelitian  ini  berupa  kuesioner.  Sampel  pada  penelitian  ini  sebanyak  83  orang mahasiswa.Hasil  analisa  univariat  mendapatkan  hasil  mahasiswa  yang  memiliki  IPK  rendah (21,7%),  mahasiswa  yang  memiliki  status  gizi  Kurang  Sesuai  (24,1%).Hasil  analisa  bivariat menunjukkan hubungan status gizi dengan IPK di peroleh nilai P = 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan adanya hubungan yang signifikan antara status gizi dengan IPK. Pada uji statistik diperoleh juga nilai OR = 9,778. Berarti status gizi baik mempunyai peluang 9,778 kali lebih besar  untuk  memperoleh  IPK  yang  baik.Kesimpulan  dalam  penelitian  ini  adalah  terdapat hubungan  antara status  gizi dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa akademi kebidanan gema  nusantara  bekasi  tahun  2011.  Dan  di  harapkan  bagi  mahaswa  yang  gizinya  kurang sesuai dapat di perbaiki sehingga tidak di temukan lagi IPK yang rendah.
Kata Kunci : IPK, status gizi
ABSTRACT
Nutrition  and  food  is  one  of  the  most  important  factors  in  improving  the  quality  of  human resources,  it  is  a  key  to  success  foktor  development  of  a  nation.  In  this  case  turned  out  to greatly affect the nutritional intelligence and work productivity.This study aimed to determine the  relationship  of  nutritional  status  with  cumulative  grade  academy students obstetric echo bekasi  archipelago  in  2011.The  method  used  in  this  research  is  descriptive  analytic  cross sectional approach, namely the collection of data at once at a time. Research instrument was a questionnaire. Samples in this study were 83 students.The results of univariate analysis to get the students who have a IPK lower (21.7%), students who have less nutritional status line (24.1%).The results of the bivariate analysis shows the relationship of nutritional status with a  IPK  obtained  P  value  =  0.000  <0.05,  it  can  be  inferred  the  existence  of  a  significant relationship between nutritional status with IPK. In statistical tests obtained also value OR = 9.778.  Means  good  nutritional  status  have  a  chance  9.778  times  more  likely  to  earn  a  good IPK.The  conclusion  of  this  research  is  the  relationship  between  nutritional  status  with  a cumulative grade academy students obstetric echo bekasi archipelago in 2011.
Keywords : IPK, nutritional status.