HUBUNGAN TIPE POLA ASUH KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR (STUDI DI PRODI D-III KEBIDANAN FIK UNIPDU JOMBANG)
Abstrak
ABSTRAK
Keberhasilan  pendidikan  salah  satunya  ditentukan  oleh  keberhasilan  siswa  dalam  kegiatan belajar mengajar, hal ini dapat dilihat dari prestasi belajar yang dicapai. Prestasi belajar yang baik  atau  yang  memuaskan  tidak  hanya  dipengaruhi  oleh  kemampuan  intelegensinya  saja, tetapi  dipengaruhi  juga  oleh  tipe  pola  asuh  keluarga.  Dengan  demikian  kualitas  hasil pendidikan seseorang akan terwujud sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tipe pola asuh keluarga dengan prestasi belajar pada mahasiswa Prodi D-III  Kebidanan  FIK UNIPDU 2012 .  Penelitian ini menggunakan metode penelitian  observasi  analitik  dengan  pendekatan  Cross  Sectional.  Teknik  pengambilan sampling  menggunakan  teknik  NonProbability  sampling  yaitu   teknik  sampling  jenuh. Populasi pada penelitian ini mahasiswa semester  III tingkat  II sejumlah 70 mahasiswa.  Data dikumpulkan  dengan  menggunakan  kuesioner  serta  dokumentasi.  Data  dianalisis  dengan menggunakan uji regresi linier dengan taraf signifikansi 0,05.
Kata Kunci : prestasi Belajar, tipe pola asuh keluarga,
ABSTRACT
The  successfulness  of  education  among  other  things  is  determined  by  the  students’ successfulness  in  the  teaching  and  learning  activities  as  reflected  by  their  learning achievement. A good or satisfactory learning achievement is affected not only by the students’ intelligence  quotient  but  also  the  type  of  their  family  upbringing  pattern  and  their  learning motivation.  Therefore,  the  quality  of  educational  result  in  Midwifery  Science  will  be materialized  in  accordance  to  the  expected  competency.  The  objectives  of  this  research  are the correlation between the type of family upbringing pattern and the learning achievement of the students of the Study Program of Diploma III in Midwifery Science, the Faculty of Health Science of UNIPDU in 2012. This research used the observational analitical method  with the cross-sectional approach. The population of the research was all of the students in Semester III as many as 70 persons. The samples of the research were 70 and were taken by using the non-probability  sampling  technique.  The  data  of  the  research  were  gahtered  through questionnaire and documentation. They were then analyzed by using a multi linear regression analyses at the significance level of α = 0.05.
Keywords: Â learning achievement, type of family upbringing pattern