PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X3 SMA NEGERI 8 PEKANBARU

Authors

  • Titi Solfitri Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Riau, Pekanbaru
  • Indah Rahmania Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Riau, Pekanbaru

Abstract

Abstrak

Penelitian percobaan ini menggunakan Penerapan Pembelajaran Kooperatif. Object dari penelitian ini adalah mengidentifikasi efektifitas dari Pembelajaran Kooperatif dalam belajar Matamatika. Samle yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran kooperatif dengan tipe Team Assisted Individualization lebih efektif dalam belajar matematika daripada metode lama. Pembelajaran kooperatif dengan tipe Team Assisted Individualization mengindikasikan bahwa siswa lebih aktif dalam belajar untuk menyelesaikan masalah akan meningkatkan kemampuan matematika mereka secara efektif.

Kata Kunci : kooperatif, TAI

 

Abstract

This trial recearch using the Application of Cooperative Learning. Object of this study is to identify the effectiveness of Cooperative Learning in learning math. Samle used in this study was a class X student of SMAN 8 Pekanbaru. The results showed that cooperative learning with Team Assisted Individualization type of learning mathematics more effectively than the old method. Cooperative learning with Team Assisted Individualization type indicates that students are more active in learning to solve problems will improve their math skills effectively.

Keywords: kooperatif, TAI

Author Biographies

Titi Solfitri, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Riau, Pekanbaru

Program Studi Pendidikan Matematika
Universitas Riau, Pekanbaru

Indah Rahmania, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Riau, Pekanbaru

Program Studi Pendidikan Matematika
Universitas Riau, Pekanbaru

Downloads

Published

2010-11-01