EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-1 SMPN 29 PEKANBARU
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang mengarah pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa pada masalah statistika. Kurikulum 2006 menekankan tujuan pembelajaran yang berpusat pada siswa, agar apa yang telah ia pelajari lebih bermakna sehingga dapat diwujudkan keaktifan dan kreatifitas baik secara individual maupun kelompok belajar dalam menguasai materi yang mereka terima. Salah satu cara untuk meningkatkan proses pembelajaran adalah mengaplikasikan media kartu dalam model pembelajaran kooperatif. Oleh karena itu, masalah utama yang dibahas adalah seberapa baik efektivitas pelaksanaan media kartu dalam model pembelajaran kooperatif?. Desain penelitian yang digunakan adalah Satu kelompok post test design dengan 34 mata pelajaran kelas VIII-1 siswa SMP Negeri 29 Pekanbaru angkatan tahun 2009/2010. Efektivitas proses pembelajaran didasarkan pada: (1) Kriteria ketuntasan Belajar Minimal (KKM), (2) aktivitas guru dan siswa, dan (3) pengelolaan pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa penggunaan media kartu dalam model pembelajaran kooperatif yang efektif diterapkan pada materi pelajaran statistik di kelas VIII-1 SMPN 29 Pekanbaru.
Kata Kuci : Media Kartu, Kooperatif, Efektivitas
Abstract
This study aims to improve the learning process that leads to learning outcomes achieved by students on statistical issues. 2006 Curriculum emphasizes learning objectives are student-centered, so that what he has learned more meaningful so that it can be realized liveliness and creativity of both individual and group learning to master the material they receive. One way to improve the learning process is to apply the media card in the cooperative learning model. Therefore, the main issue discussed was how well the effectiveness of the media card in cooperative learning model?. The study design used was one group posttest design with 34 lesson class VIII-I students of SMP Negeri 29 Pekanbaru force in 2009/2010. The effectiveness of the learning process is based on: (1) Criteria for completeness Learning Minimal (KKM), (2) the activities of teachers and students, and (3) management of learning. Analysis of the data using descriptive statistical analysis. The results of the data analysis concluded that the use of media cards in effective cooperative learning model applied to the statistics in classes VIII-1 SMPN 29 Pekanbaru.
Keywords: Media Card, Cooperative, Effectiveness