EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-1 SMPN 29 PEKANBARU

Penulis

  • Zulfan Ritonga Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan PMIPA FKIP Universitas Riau, Pekanbaru

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang mengarah pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa pada masalah statistika. Kurikulum 2006 menekankan tujuan pembelajaran yang berpusat pada siswa, agar apa yang telah ia pelajari lebih bermakna sehingga dapat diwujudkan keaktifan dan kreatifitas baik secara individual maupun kelompok belajar dalam menguasai materi yang mereka terima. Salah satu cara untuk meningkatkan proses pembelajaran adalah mengaplikasikan media kartu dalam model pembelajaran kooperatif. Oleh karena itu, masalah utama yang dibahas adalah seberapa baik efektivitas pelaksanaan media kartu dalam model pembelajaran kooperatif?. Desain penelitian yang digunakan adalah Satu kelompok post test design dengan 34 mata pelajaran kelas VIII-1 siswa SMP Negeri 29 Pekanbaru angkatan tahun 2009/2010. Efektivitas proses pembelajaran didasarkan pada: (1) Kriteria ketuntasan Belajar Minimal (KKM), (2) aktivitas guru dan siswa, dan (3) pengelolaan pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa penggunaan media kartu dalam model pembelajaran kooperatif yang efektif diterapkan pada materi pelajaran statistik di kelas VIII-1 SMPN 29 Pekanbaru.

Kata Kuci : Media Kartu, Kooperatif, Efektivitas

Abstract

This study aims to  improve the learning process  that leads to  learning outcomes  achieved by  students on  statistical  issues.  2006 Curriculum emphasizes learning objectives are student-centered, so that what he has learned  more meaningful  so that it can  be realized  liveliness  and creativity of  both individual and  group learning  to master  the material they  receive. One way to  improve the  learning process  is  to apply the media card in the cooperative learning model. Therefore, the main issue discussed was how well the effectiveness of the media card in cooperative learning model?.  The study design  used was  one group  posttest  design with 34 lesson class VIII-I students of SMP Negeri 29 Pekanbaru force in 2009/2010.  The effectiveness of  the learning process  is based on:  (1) Criteria for completeness Learning Minimal  (KKM), (2)  the activities of teachers and students, and (3) management of learning. Analysis of  the data using descriptive statistical analysis. The results of the data analysis concluded  that the use of media  cards in  effective cooperative  learning model applied to the statistics in classes VIII-1 SMPN 29 Pekanbaru.

Keywords: Media Card, Cooperative, Effectiveness

Diterbitkan

2013-01-01