PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERPADU TIPE IMMERSED YANG BERORIENTASI JIWA KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Rifki Afandi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Jl. Mojopahit No. 666 B Sidoarjo

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Kualitas perangkat pembelajaran terpadu tipe immersed yang berorientasi jiwa kewirausahaan di kelas III yang dikembangkan dalam menelaah validitas isi, format, dan bahasa, (2) Tingkat kesulitan dan tingkat keterbacaan Buku Ajar Siswa yang dikembangkan, (3) implementasi perangkat pembelajaran terpadu tipe immersed yang berorientasi jiwa kewirausahaan dalam pembelajaran IPS di SD, kegiatan siswa, tanggapan siswa, hasil belajar siswa, dan hambatan yang muncul selama percobaan

Kata kunci : Pengembangan Perangkat Lunak, Jenis Pembelajaran Terpadu, Kewirausahaan.

 

Abstract

This study aimed to describe (1) the quality of the  integrated learning immersed  type  were  oriented entrepreneurial spirit in class III were developed in examining the validity of the content, format, and language, (2) The degree of difficulty and level of readability Textbook Student-developed, (3) implementation of the integrated learning  immersed type were  oriented of entrepreneurial spirit in learning  IPS in SD, student activities, student responses, student learning outcomes, and barriers that

arise during trial.

Keywords:  Software Development, Type Integrated Learning, Entrepreneurship.

Diterbitkan

2013-01-01