PENERAPAN METODE BELAJAR AKTIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X IPS 1 MAN 2 MODEL PEKANBARU
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan hasil matematika siswa melalui penerapan metode belajar aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) untuk siswa kelas X IPS 1 MAN 2 Model Pekanbaru, pada semester genap tahun pembelajaran 2008 / 2009 tentang subyek utama "Barisan dan deret Bilangan". Subjek penelitian ini adalah untuk siswa kelas X IPS 1 MAN 2 Model Pekanbaru dengan jumlah 33 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Siswa di kelas yang dikelompokkan secara heterogen berdasarkan tingkat akademik dan gender. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu set alat pembelajaran seperti silabus, rencana pelajaran, buku kerja, dan handout. Teknik pengumpulan data digunakan teknik uji melalui hasil uji matematika dan teknik observasi digunakan lembar observasi guru dan kegiatan siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, itu menggambarkan kegiatan guru dan siswa, hasil belajar analisis dan keberhasilan tindakan. Dari analisa data diketahui bahwa penerapan metode belajar aktif tipe Group Group Exchange (GGE) dapat meningkatkan hasil matematika siswa dan bertemu Minimum Prestasi Kriteria (KKM) pada review pertama 60,6% dan pada kedua review ditingkatkan menjadi 75,8%.
Kata kunci : Kegiatan guru dan siswa, hasil matematika, metode pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE)
Â
Abstract
The research was intended to increase the result of student’s mathematics through the application of active learning method type Group to Group Exchange (GGE) for the students in class X IPS 1 MAN 2 Model Pekanbaru, on even semester in the learning year of 2008/2009 on the main subject “Barisan dan Deret Bilanganâ€. The research subject is for the students in class X IPS1 MAN 2 Model Pekanbaru with the number of 33 student’s consisting of 11 boy-student’s and 22 girl-student’s. The student’s in that class are heterogeneous considering to academic and gender. The instrument used in this research was a set of learning tools such as silabus, lesson plan, work-book, and handouts. The data collection technique applied test technique through mathematics result test and observation technique used sheet observation of teacher and student’s activities. The data analysis used is statistic analysis descriptive, it described teacher and student’s activities, the result of learning analysis and the success of action. From the data analysis it was found that the application of active learning method type Group to Group Exchange (GGE) can increase the result of student’s mathematics and met Minimum Achievement Criteria (KKM) on the first review was 60,6% and on the second review improved to be 75,8%.
Keywords : The Activities of teacher and student’s, the mathematics result, the active learning method type Group to Group Exchange (GGE)
Â