PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN BAHASA INGGRIS TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI BERBAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 PALOPO
Abstrak
Abstrak
Penelitian yang dilakukan bersifat Expost Facto dengan 3 rumusan masalah yaitu: (1). Apakah prestasi belajar matematika siswa mempunyai pengaruh yang positif terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri berbahasa inggris ?; (2). Apakah prestasi belajar bahasa Inggris siswa mempunyai pengaruh yang positif terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri berbahasa inggris?; (3). Apakah prestasi belajar matematika dan prestasi belajar bahasa inggris siswa secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri berbahasa Inggris?. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Palopo T.A. 2010/2011 dengan Sampel sebanyak 30 siswa dengan cara systematic random sampling. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Prestasi belajar matematika berpengaruh positif terhadap tingkat kemampuan menyelesaikan soal-soal trigonometri berbahasa inggris, (2) Prestasi belajar bahasa inggris berpengaruh positif terhadap tingkat kemampuan menyelesaikan soal-soal trigonometri berbahasa inggris, dan (3) Prestasi belajar matematika dan bahasa inggris secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap tingkat kemampuan menyelesaikan soal-soal trigonometri berbahasa inggris. Selanjutnya, diperoleh nilai Rsquare = 0,775, yang artinya bahwa 77,5 % variansi tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri berbahasa inggris ditentukan oleh prestasi belajar matematika dan bahasa inggris siswa dengan catatan bahwa pengaruh variabel lain diabaikan.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Kemampuan Menyelesaiakan Soal.
Abstract
This article examines the influence of Achievement studied mathematics and Language Skills United Kingdom to solve problems In Trigonometry on United Kingdom Students Class XI IPA SMA Negeri 2 Palopo. Study the onset is Expost Facto to 3: problem formulation (1). If the achievements of the students learn math have an influence positive towards the ability of students in solving trigonometric problems such as English?; 2). Is student achievement in English have a positive influence on students' ability to solve the problems of trigonometry English language?, (3). Is mathematics learning achievement and English Language learning achievement of students together to have a positive influence on students' ability to solve the problems of trigonometry English?. Population research is all the students of Class XI IPA SMA Negeri 2 Palopo T.A. 2010/2011. Samples taken as many as 30 students by means of systematic random sampling. The results of the analysis of data obtained the conclusion that (1) the achievement of a positive effect on learning mathematics ability levels solve problems such as trigonometry English-speaking, (2) achievements of study English influence positively to skill level solve problems such as trigonometry English-speaking and (3) Accomplishment of learning math and English together influential positive against level solve problems such as trigonometry English-speaking. Furthermore, the retrieved value Rsquare = 0,775, meaning that 77.5% variansi level of ability in students solve problems such as trigonometry speak English is determined by the achievement of learning math and English students with a note that the influence of other variables are ignored.
Keywords: Achievements, Learning Ability Of Solving Matter.