PROFIL KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA DALAM MEMAHAMI GAMBAR BANGUN RUANG YANG TERSUSUN DARI BEBERAPA BANGUN KUBUS

Penulis

  • Luqman Fathoni

Abstrak

Abstrak Kecerdasan visual-spasial adalah kemampuan untuk menangkap dunia ruang secara tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kecerdasan visual-spasial dalam mendeskripsikan gambar bangun ruang yang tersusun dari beberapa bangun kubus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Sidoarjo. Berdasarkan analisis data, penelitian ini memberikan kesimpulan: profil kecerdasan visual-spasial siswa (1) berdasarkan arah pandang, subjek cenderung menjawab salah ketika melihat gambar dari atas, (2) berdasarkan arah pandang dan tingkat IQ, subjek superior dan high average cenderung menjawab benar ketika melihat gambar dari ketiga arah (depan, kanan, dan atas); sedangkan subjek average cenderung menjawab salah ketika melihat gambar dari arah atas, (3) berdasarkan arah pandang dan pewarnaan adalah: pada soal 3 warna, subjek cenderung menjawab salah ketika melihat gambar dari arah depan dan atas; pada soal 2 warna, 1 warna, dan tanpa warna subjek cenderung menjawab salah ketika melihat gambar dari atas, (4) berdasarkan arah pandang, tingkat IQ, dan pewarnaan adalah: subjek superior pada 4 macam soal yang berbeda warna, subjek cenderung menjawab benar ketika melihat gambar dari ketiga arah; subjek high average pada 4 macam soal yang berbeda warna cenderung menjawab benar ketika melihat gambar dari ketiga arah; sedangkan subjek average pada 4 macam soal yang berbeda warna, subjek cenderung menjawab salah ketika melihat gambar dari atas. Kata kunci: kecerdasan visual-spasial, superior, high average, dan average Abstract The visual-spatial intelligence is the ability to capture the space world precisely. The goals of this research are to know the visual-spatial intelligence profile in describing the space model drawing that composed of several cubes models. The subject of this research are the student of class X SMAN 3 Sidoarjo. Based on the data analysis, this research gives a conclusion: the student visual-spatial intelligence profile (1) based on the view direction, the subjects tend to answer one falsely if they see the drawing from above, (2) based on the view direction and IQ levels, superior and high average subjects tend to answer correctly, when they see the drawing from the three directions (front, right, and above); while the average subjects tend to answer falsely when they see the drawing from above; (3) based on the view direction and colouring is: in the 3 colours items, the subjects tend to answer falsely when they see the drawing from in front and above; in the 2 colours, 1 colour and no colour items, the subjects tend to answer falsely when they see the drawing from above, (4) based on the view direction, IQ levels, and colouring are: the superior subjects in 4 kind of different colour items tend to answer correctly when they see the drawing from the three directions; the high average subjects in 4 kind of different colour items tend to answer correctly when they see the drawing from the three directions; while the average subjects in 4 kind of different colour items tend to answer falsely when they see the drawing from above. Keywords : The visual-spatial intelligence, superior, high average, and average

Diterbitkan

2012-11-01