STUDI ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DISLEKSIA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM JARAK KULON JOGOROTO JOMBANG
Keywords:
Kemampuan Kognitif, Disleksia, Keterampilan MembacaAbstract
Anak berkebutuhan khusus memiliki karakteristik yang biasanya berkaitan dengan tingkat perkembangan fungsional. Hah-hal tersebut meliputi tingkat perkembangan sensor motorik, pengetahuan kognitif, kemampuan berbahasa, keterampilan dan kemampuan berinteraksi sosial. Para ahli sains kognitif sepakat bahwa hubungan antara belajar, memori, dan pengetahuan sangat erat dan tidak mungkin dipisahkan. Memori merupakan keseluruhan pengalaman masa lampau yang dapat diingat kembali. Membaca merupakan hal penting bagi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran di sekolah. kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai sejumlah pengetahuan atau bidang studi yang harus di pelajari anak sekolah. sedangkan kesulitan membaca pada kelas awal akan berdampak pada kesulitan belajar selanjutnya. Kesulitan membaca terjadi karena gangguan perkembangan fungsional dari aspek kemampuan kognitif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan kognitif anak disleksia dalam keterampilan membaca di MI Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berjenis studi kasus. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes praktik membaca. Hasil penelitian diketahui bahwa pada anak yang mengalami kesulitan membaca (Disleksia), disebabkan oleh gangguan pada aspek perkembangan kognitifnya yakni pada aspek perkembangan memori, persepsi, dan bahasanya, sehingga keterampilan membaca yang dicapai oleh anak yang mengalami kesulitan membaca (Disleksia) cenderung lebih rendah dibandingkan teman seusianya. Hal ini disebabkan karena aspek keterampilan membacanya berada paling rendah, aspek-aspek membaca meliputi sulit mengenali huruf, membunyikan kosa kata dan kesulitan dalam memaknai, memahami sebuah kalimatDownloads
Published
2020-04-04
Issue
Section
Artikel
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.