PENGARUH PENGGUNAAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Keywords:
metode, student facilitator explaining, hasil belajar siswa, pembelajaran bahasa IndonesiaAbstract
Penggunaan metode mengajar bahasa Indonesia di MI Hidayatush Shibyan kelas IV sesuai dengan prosedur yang dilakukan dan sesuai dengan penelitian yang diketahui dengan observasi. Pembelajaran yang telah dilaksanakan dalam pembelajaran komunikasi lewat telepon guru mapel menggunakan metode Student Facilitator and Explaining diharapkan agar peserta didik memperoleh pengetahuan keterampilan dan sikap secara aktif. Berdasarkan hasil penelitian melalui metode angket yang telah diisi oleh siswa didapati hasil yang ditunjukkan dari angket tentang metode Student Facilitator and Explaining terhadap pencapaian hasil belajar siswa ada perubahan yaitu dari 27 siswa 74,07% atau 20 siswa mendapat nilai di atas KKM sedangkan yang lainnya berada dibawah KKM. Ada korelasi yang signifikan dari kedua variabel X dan Y dengan taraf signifikan 0,193 lebih besar dari > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi metode yang digunakan maka akan semakin tinggi pula pemerolehan hasil belajar siswa. Diketahui ada perbandingan nilai t hitung dengan nilai t tabel yang berdasarkan hasil analisis diperoleh t hitung sebesar 3,472, maka t hitung > t tabel ( 3,472 > 2,060 ), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh penggunaan metode Student Facilitator and Explaining terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MIDownloads
Published
2020-09-19
Issue
Section
Artikel
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.