PENGARUH PENGGUNAAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Eka Nurjanah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
  • Venny Vidia Rahmawati Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Keywords:

metode, student facilitator explaining, hasil belajar siswa, pembelajaran bahasa Indonesia

Abstract

Penggunaan metode mengajar bahasa Indonesia di   MI Hidayatush Shibyan kelas IV sesuai dengan prosedur yang dilakukan dan sesuai dengan penelitian yang diketahui dengan  observasi. Pembelajaran yang telah dilaksanakan dalam  pembelajaran komunikasi lewat telepon guru mapel menggunakan metode Student Facilitator and Explaining diharapkan agar peserta didik memperoleh pengetahuan keterampilan dan sikap secara aktif. Berdasarkan hasil penelitian melalui metode angket yang telah diisi oleh siswa didapati hasil yang ditunjukkan dari angket tentang metode Student Facilitator and Explaining terhadap  pencapaian  hasil  belajar  siswa  ada perubahan yaitu dari 27 siswa 74,07% atau 20 siswa mendapat nilai di atas KKM sedangkan yang lainnya berada dibawah KKM. Ada korelasi yang signifikan dari kedua variabel X dan Y dengan taraf signifikan  0,193  lebih  besar  dari  >  0,05.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa semakin  tinggi  metode  yang digunakan  maka akan semakin  tinggi pula pemerolehan hasil belajar siswa. Diketahui ada perbandingan nilai t hitung dengan  nilai  t  tabel  yang  berdasarkan  hasil  analisis  diperoleh  t  hitung sebesar 3,472, maka t hitung > t tabel ( 3,472 > 2,060 ), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh penggunaan metode Student Facilitator and Explaining  terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI

Published

2020-09-19

Issue

Section

Artikel