PENERAPAN METODE GARISMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM LENGKONG MOJOANYAR MOJOKERTO

Authors

  • Nur Ulwiyah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
  • Mega Novela Ragelia Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Keywords:

Garismatika, Kemampuan Berhitung, Perkalian, Matematika

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian mata pelajaran matematika melalui metode garismatika yang dilaksanakan sebanyak dua siklus menggunakan model Kemmis. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas II MI Miftahul Ulum Lengkong Mojoanyar Mojokerto sebanyak 31 siswa. Penelitian dilaksanakan karena siswa kurang mampu berhitung perkalian sebab guru hanya menggunakan metode ceramah, menghafal dan tabel perkalian. Penelitian ini menggunakan analisis data flow model dan data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Pada tahap pra siklus, hanya 12 siswa yang mampu dengan prosentase ketuntasan sebanyak 38,7% dan rata-rata klasikal sebanyak 62,25. Hasil pada siklus 1 terdiri dari 28 siswa yang mampu berhitung perkalian dengan prosentase ketuntasan 90,32%, dan 86,45 rata-rata klasikal. Sedangkan pada siklus 2 mencapai 100% ketuntasan dengan rata-rata klasikal sebanyak 96,77%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode garismatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas II MI Miftahul Ulum Lengkong Mojoanyar Mojokerto

Published

2021-03-20

Issue

Section

Artikel