PENERAPAN METODE GARISMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM LENGKONG MOJOANYAR MOJOKERTO
Keywords:
Garismatika, Kemampuan Berhitung, Perkalian, MatematikaAbstract
Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian mata pelajaran matematika melalui metode garismatika yang dilaksanakan sebanyak dua siklus menggunakan model Kemmis. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas II MI Miftahul Ulum Lengkong Mojoanyar Mojokerto sebanyak 31 siswa. Penelitian dilaksanakan karena siswa kurang mampu berhitung perkalian sebab guru hanya menggunakan metode ceramah, menghafal dan tabel perkalian. Penelitian ini menggunakan analisis data flow model dan data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Pada tahap pra siklus, hanya 12 siswa yang mampu dengan prosentase ketuntasan sebanyak 38,7% dan rata-rata klasikal sebanyak 62,25. Hasil pada siklus 1 terdiri dari 28 siswa yang mampu berhitung perkalian dengan prosentase ketuntasan 90,32%, dan 86,45 rata-rata klasikal. Sedangkan pada siklus 2 mencapai 100% ketuntasan dengan rata-rata klasikal sebanyak 96,77%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode garismatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas II MI Miftahul Ulum Lengkong Mojoanyar MojokertoDownloads
Published
2021-03-20
Issue
Section
Artikel
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.