PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II MIN 3 JOMBANG
Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, model pembelajaran kooperatif, Student Teams Achievement Divison (STAD), media TangramAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan media Tangram. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus (model Kemmis) terhadap subyek penelitian siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Jombang yang berjumlah 31 siswa. Latar belakang penelitian didasarkan pada informasi studi awal penelitian yang menunjukkan 25% hasil belajar siswa tidak memenuhi nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) mata pelajaran Matematika sehingga peneliti mengajukan solusi alternatif menggunakan media pembelajaran inovatif dan kreatif, yaitu media Tangram, yang berdasarkan kajian teoritis dan empiris dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Peneliti melakukan kegiatan observasi, wawancara, mengumpulkan dokumentasi dan hasil tes siswa sebagai metode pengumpulan data. Data penelitian dianalisis berdasarkan flow model yang meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan perumusan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap pra-siklus sebanyak 11 siswa (35,5%) memenuhi nilai KKM, sedangkan pada siklus I dan II, jumlah siswa yang memenuhi ketercapaian KKM meningkat masing-masing sebanyak 15 siswa (48,5%) dan 29 siswa (96,5%). Berdasarkan analisis dan temuan penelitian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media Tangram dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MIN 3 Jombang pada mata pelajaran Matematika.Downloads
Published
2021-09-12
Issue
Section
Artikel
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.