ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYAMBUNG HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN METODE SCRAMBLE AND DISCUSSION DI KELAS V MI AL HIDAYAH TUGUSUMBERJO PETERONGAN JOMBANG
Keywords:
Metode Scramble, Diskusi, Kemampuan Menyambung Huruf HijaiyahAbstract
Abstrak: Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan menyambung huruf
hijaiyah pada siswa kelas V MI Al Hidayah Tugusumberjo Peterongan Jombang.
Penelitian dilaksanakan karena kemampuan siswa dalam menyambung huruf
hijaiyah sangat rendah. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan
kelas dengan dilakukan dua siklus yang sesuai dengan model dari Kurt Lewin.
Sedangkan subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al Hidayah
Tugusumberjo Peterongan Jombang sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah flow model. Observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata mencapai 63. Pada tahap siklus I kemampuan siswa dalam menyambung huruf hijaiyah mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 73,5. Pada siklus 2 kemampuan siswa dalam menyambung huruf hijaiyah kembali meningkat dengan nilai rata-rata 84,5. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Scramble and Discussion dapat meningkatkan kemampuan menyambung huruf hijaiyah pada siswa kelas V MI Al Hidayah Tugusumberjo Peterongan Jombang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.