EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERACTIVE PHYSICS MAGAZINE PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS
Keywords:
efektivitas, media pembelajaran, Interactive Physics MagazineAbstract
Abstrak: Penerapan kurikulum 2013 harus sesuai dengan perkembangan teknologi. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. Salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi adalah Interactive Physics Magazine. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran Interactive Physics Magazine pada materi momentum dan impuls. Rancangan pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan preeksperimen. Desain perlakuan ulang (one group pretest and posttest design). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, metode angket, metode observasi, dan metode dokumentasi. Efektivitas media pembelajaran interactive physics magazine dilihat dari keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran telah berjalan dengan baik sesuai dengan RPP yang dikembangkan. Aktivitas peserta didik selama pembelajaran menunjukkan kategori baik, hampir seluruh peserta didik aktif mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran interactive physics magazine. Pemahaman konsep peserta didik setelah pembelajaran dengan media interactive physics magazine materi momentum dan impuls meningkat sebanyak 0,47 yang termasuk kategori sedang. Respons siswa terhadap pembelajaran memberikan respons positif. Kendala yang dijumpai selama pembelajaran berhubungan dengan kemampuan peserta didik dalam presentasi dan diskusi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.