ANALISIS DETEKSI PLAGIARISME PADA LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEMS) UNTUK PEMBELAJARAN ONLINE CALON GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Kata Kunci:
Deteksi plagiarisme, sistem manajemen pembelajaran, calon guruAbstrak
Penelitian kebijakan ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan bahan ajar dan tugas menggunakan layanan deteksi plagiarisme pada LMS untuk pembelajaran Online calon guru Madrasah Ibtidaiyah. Uji coba materi dilaksanakan untuk mahasiswa calon guru Pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah Unipdu Jombang pada tahun akademik 2020/2021 semester 5. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Temuan penelitian adalah: Efektivitas layanan deteksi plagiarime pada LMS dalam hal penurunan plagiarisme karya calon guru Madrasah Ibtidaiyah. Disimpulkan bahwa implementasi deteksi plagiarisme pada LMS (Learning Management Systems) untuk pembelajaran online tersebut efektif untuk mengurangi plagiarisme karya mahasiswa calon guru Madrasah Ibtidaiyah.Unduhan
Diterbitkan
2021-09-12
Terbitan
Bagian
Artikel
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.