UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
Kata Kunci:
Hasil belajar, metode CIRC, bahasa IndonesiaAbstrak
Berdasarkan dari rumusan masalah yang ada dan juga dari hasil penelitian yang diperoleh serta dari pembahasan yang telah dipaparkan di depan maka dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Darus Salam pada keterampilan menulis puisi pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada siklus I dengan nilai rata-rata 70 dan pada siklus II menjadi 81 dan siswa yang mencapai ketuntasan dari 33 orang menjadi 45 orang. Sedangkan ketuntasan klasikalnya pada siklus I sebesar 70% menjadi 95% pada siklus II.Unduhan
Diterbitkan
2021-09-12
Terbitan
Bagian
Artikel
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.