IMPLEMENTASI MEDIA PAPAN KANTONG PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PPKN MADRASAH IBTIDAIYAH AR-ROHMAH BETEK MOJOAGUNG JOMBANG

Penulis

  • Siti Asiah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Lilik Maftuhatin Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Luthfina Karomah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Abstrak

Implementasi media papan kantong Pancasila ini dilaksanakan karena pemahaman siswa dalam membedakan contoh sikap yang sesuai sila-sila Pancasila sangat rendah. Implementasi media tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV pada mata pelajaran PPKn materi penerapan sila-sila Pancasila di MI Ar-Rohmah Betek Mojoagung Jombang. Desain penelitian berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan model Kurt Lewin. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ar-Rohmah Betek Mojoagung Jombang yang berjumlah 22 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah flow model. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media papan kantong Pancasila dapat meningkatkan pemahaman konsep PPKn materi penerapan sila-sila Pancasila di MI Ar-Rohmah Betek Mojoagung Jombang. Hal ini dibuktikan dengan hasil pada pra siklus nilai rata-rata siswa 65,04 hanya 5 siswa yang tuntas. Siklus 1 rata-rata nilai siswa 70,4 ketuntasan mencapai 10 siswa, pada siklus 2 meningkat dengan nilai rata-rata 95,4 ketuntasan mencapai 22 siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-25

Terbitan

Bagian

Artikel