PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PANCASILA PINTAR (PAPANTAR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

Penulis

  • Galuh Tisna Widiana Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Nur Sa’diyah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Abstrak

Peran media pembelajaran sangatlah penting dalam proses pembelajaran . Pembelajaran cenderung membosankan apabila guru hanya menggunakan buku paket saja. Tujuan Penelitain ini dilatar belakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa pada mata pembelajaran PPKn, sehingga peneliti mengembangkan media untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn materi simbol-simbol dan pemahaman Pancasila pada kelas 2 MI Bustanul Ulum Ngelele Jombang. Tujuannya agar siswa menjadi semangat untuk melaksanakan pembelajaran. Peneliti menggunakan penelitian R&D sebayak 2 uji coba yaitu uji coba 1 dan uji coba 2. Titik pengembangan dalam penelitian ini mencakup pada tingga aspek yang meliputi pengembangan pada bentuk lambing pancasila, pengembangan pada permainan monopili dan pengembangan pada penambahan audio. Subjek penelitihan ini adalah siswa kelas 2 sebanyak 37 siswa. Peneliti mengembangkan media Papantar kepada siswa agar siswa dapat memahami pembelajaran dan juga bermain dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Pada tahap uji coba 1 didapatkan hasil rata-rata pre test dan post test masing masing sebesar 59,7 dan 94,0 sedangkan pada uji coba 2 sebesar 91,2 dan 97,2. Berdasarkan pada uji coba 1 dan uji coba 2 dapat disimpulkan bahwa media Papantar efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi simbol-simbol dan pemahaman Pancasila kelas 2 MI

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-25

Terbitan

Bagian

Artikel