Pengembangan Media Komik pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Penulis

  • Ingenura Maarti Hutami Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Galuh Tisna Widiana Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Aina'ul Mardliyah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

Kata Kunci:

Komik, berpikir kritis, pengembangan media.

Abstrak

Dalam dunia global yang serba kompetitif ini, kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu persyaratan yang sangat penting untuk kesuksesan dalam pembelajaran dan karir. Namun keterampilan berpikir kritis itu tidak begitu saja dimiliki oleh sebagian besar orang, terutama jika seseorang harus menjumpai mata pelajaran yang tampak tidak menarik. Pada kenyataannya, pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dirasakan membosankan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran komik dan menyelidiki pengaruh media tersebut dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa MTs Al-Hikmah Jombang Jawa Timur. Penelitian ini melibatkan 30 siswa dari kelas VII pada tahun pelajaran 2018-2019. Desain penelitian menggunakan quasi eksperimen pretest-posttest control group. Data dianalisis menggunakan SPSS 18.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran komik SKI dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

Referensi

Anugerahwati, M. "The Use of Comics to Strengthen Student's Critical Thinking Skill". The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching, Volume ISSN 2549-5607, p. 194, 2013.

BNSP. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Mendikbud, 2016.

Firdaus. "Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning". Journal of Education and Learning, Vol. 9, No. 3(Juni), p. 23, 2015.

Gelder, T. V. "Teaching Critical Thinking: Lesson from Cognitive Science". College Teaching; Winter 2005 Philosophy Department of The University of Hongkong, Issue July, pp. 41-46, 2004.

Hakim, D. Psikologi Belajar-Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Erhaka Utama, 2016.

Hanafi, M. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2012.

Hasan, H. Pengembangan Kompetensi Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Sejarah. Bandung, Seminar IKAHAMSI UPI, 2008.

Huda, N. "Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Metode Talking Stick pada Siswa Kelas 4 SD Darul Ulum Kebonsari Surabaya". Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam, Vol. 07, No. 01(Juni), pp. 117-123, 2016.

Krusemark, R., 2015. "The Role of Critical Thinking in Reader Perceptions of Leadership in Comic Book". SANE Journal Sequential Art Narrative in Education, Vol. 2, No. 7(September), p. 2.

Lai, E. R. "Critical Thinking: A Literature Review". Pearson's Research Reports, Issue June, p. 5, 2011.

Lau, J. Critical Thinking Web. [Online], 2004.

Available at: https://philosophy.hku.hk/think/critical/ct.php

[Accessed 5 Desember 2018].

Mansilla, G. "Teaching Student to Think". Educational Leadership, Vol. 65, No. 5(February), pp. 14-19, 2008.

Masdiono, T. 14 Jurus Membuat Komik. Jakarta: Creativ Media, 2000.

Mulid, A. 5 Langkah Praktis Analisis Statistik dengan SPSS for Windows. Sidoarjo: Zifatama Publishing, 2012.

Nanda, T. Efektivitas Penggunaan Komik untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Surabaya, Seminar Nasional Fisika Universitas Negeri Surabaya, 2017.

Novianti, R. D. "Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan pada Siswa Kelas V SDN Ngembung". Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan Unesa, Volume Vol. 1, No. 1, p. 46, 2010.

Open University. Thinking Critically. United Kingdom: Thnet Press, 2008.

Peter A, N. C. F. The Holistic Critical Thinking Scoring Rubric-HCTSR: A Tool for Developing and Evaluating Critical Thinking. California: California Academic Press, 2009.

Rofik. "Nilai Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Kurikulum Madrasah". Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga, Vol. XII, No. 1(Juni), p. 15, 2015.

Saputro, H. B. "Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter". Jurnal Prima Edukasia, Volume Vol. 3, No. 1, p. 61, 2015.

Setiawati, W. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2018.

Siregar, S. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2018.

Sujana, N. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009.

Susanti, T. "Asesmen Penalaran Inch". Jurnal Al-Ta'lim, Vol. 21, No. 1(Februari), p. 74, 2014.

Susanto, H. Seputar Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2014.

Waluyanto, H. D. "Komik sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran". Jurnal Nirmana Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra, Vol. 7, No. 1(Januari), p. 46, 2005.

Widiadi, A. Pendidikan Sejarah, Suatu Keharusan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Winata, K. H. Belajar Membuat Komik. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka, 2017.

Zubaidah, S. Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Surabaya, Seminar Nasional Sains, 2010.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-01

Terbitan

Bagian

Artikel