Implementasi Model Blanded Learning Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Masa Pandemi di MA Khozinatul Ulum Blora

Penulis

  • Meilinda Setya Ivanka Institut Agama Islam Negeri Kudus

Kata Kunci:

Implementasi, Blanded Learning, Alquran Hadis.

Abstrak

Pandemi covid-19 yang melanda dunia, terutama Indonesia. Pendidikan di Indonesia menjadi salah satu imbasnya. Pendidikan di Indonesia tida boleh melakukan pembelajaran secara tatap muka, hal itu disebabkan karena untuk menghindari kerumunan masa yang dikhawatirkan akan menambah kasus dari covid-19. MA Khozinatul Ulum Blora yang merupakan salah satu madrasah yang terus melakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan sistem blanded learning. Meskipun termasuk program baru, namun pembelajaran tersebut dibilang sudah cukup bagus dan efisien. Pembelajaran Blanded Learning tersebut menggunakan aplikasi pendukung yaitu Google Classroom, sebab dirasa ringan dan tidak terlalu memberatkan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode tersebut dirasa tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada terkait topik model blanded learning yang terintegrasi ke dalam sistem pembelajaran di madrasah . Penelitian ini mengambil lokus di MA Khozinatul Ulum Blora. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara yang digali langsung dari narasumber guru yang berasal dari madrasah tersebut. Setelah melakukan berbagai analisis data hasil penelitian, diketahui dalam pembelajaran blanded learning bidang akademik terdapat dampak perubahan hasil pembelajaran yang diperoleh siswa secara signifikan. Adapun dalam hal perilkau atau akhlak peserta didik pun tidak jauh berbeda. Keluhan orang tua menjadi tantangan tersendiri bagi guru PAI terutama guru Alquran Hadis. Permasalahan tersebut menjadikan guru semakin intensif berupaya melakukan pembelajaran dan tentu menjadi tantangan baru yang membutuhkan kerja keras berjibaku meningkatkan perbaikan mutu pembelajaran. Walhasil, Implementasi pembelajaran dalam mata pelajaran Alquran Hadis nampaknya telah berjalan dengan baik meskipun terbentuk beberapa kendala teknis selama proses pelaksanaanya. Pihak sekolah senantiasa melakukan berbagai perbaikan sistem pembelajaran dalam rangka upaya terbaiknya menjaga efektivitas pembelajaran tetap berjalan dengan lancar dan efektif sesuai yang harapan seluruh warga madrasah.

Referensi

Abdullah, Walib. “Model Blanded Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran”, IAIN Al Khoirot Pamekasan. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam.Volume 7. Nomor 1, Juli 2018.

Amin, Ahmad Kholiqul. “Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blanded Learning Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar”, Jurnal Pendidikan Edutama Vol. 4., No. 2 Juli 2017, FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, 58.

Ekayati, Rini. “Implementasi Blanded Learning Berbasis Aplikasi Edmodo”, Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara,Jurnal EduTech Vol. 4 No. 2 September 2018.

ElFuaziyah, Ula Nisa., Lilis Suryani, Trisnendi Syahriyal, “Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris SMP di Subang”, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (ABDINAS) IKIP Siliwangi, Vol. 2., No. 2 Juli 2019.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research I (Yogjakarta:Yayasan Penerbit Fak. Psikologi UGM, 1997.

Maesaroh, “Pengaruh Blanded Learning Terhadap Proses Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs. Negeri 12 Majalengka”, OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam , Vol. 4 No. 2, Februari 2020.

Moelong, Lexy J,. Metode Penelitian Kualitatif, Cet. XXII. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Mulyana, Deddy. Metode Penelitian Kualitatif, Cet. VII. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Pratama, Rio Erwan & Sri Mulyani, “Pembelajaran Daring dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19”, Gagasan Pendidikan Indonesia,Vol 1 No 2, Tahun 2020.

Rahman, Abdul. “Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam: Tinjauan Epistimologi dan Isi-Materi”, Jurnal Eksis Vol. 8 No. 1,Maret 2 012.

Repository IAIN Kudus.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, Tth.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D).

Susilowati, Nurdian., Lyna Latifah. “The Implementation Effect Blanded Learning Approach On Accounting Knowledge And Generic Skills”, UNNES, Journal of Accounting and Business Education, 1 (1), September 2016.

Syarif, Izzudin. “Pengaruh Model Blanded Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK, SMKN 1 Paringin Balangan”. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2, Nomor 2, Juni 2012.

Wicaksono, Vicky., Rachmadyanti, Putri., “PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MELALUI GOOGLE CLASSROOM DI SEKOLAH DASAR”, Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDP PGSDI Wilayah Jawa.

Widara, I Ketut. “Blanded Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital”, SD Negeri 2 Poh Bergong, Purwadita,Volume 2, No. 2, September 2018.

Unduhan

Terbitan

Bagian

Artikel