Pengalaman Siswa SMA Negeri 1 Padang Bolak Medan Dalam Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan)

Penulis

  • Fella Annisa Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Inom Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Rosa Marshanda Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Khairani Berutu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Sandy Franata Tarigan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Pengalaman, Siswa, Pembelajaran, Daring.

Abstrak

Proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Padang Bolak terdiri dari penyediaan materi, pemberian tugas, pelaksanaan tes, praktikum dan tugas akhir. Pengalaman yang dianggap menyenangkan bagi siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh memiliki waktu  yang fleksibel dan penggunaan teknologi yang dapat mempermudah proses pembelajaran bagi siswa tersebut untuk menyederhanakan penggunaan teknologi. Pembelajaran online merupakan salah satu bentuk inovasi pembelajaran yang menarik bagi siswa, dapat menambah pengetahuan dan pengalaman baru. Proses pembelajaran online di SMA Negeri 1 Padang Bolak berjalan dengan baik dan lancar. Proses pembelajaran belum bisa dikatakan efektif. Karena pembelajaran online jangka panjang berdampak pada kebosanan di kalangan siswa, karena tidak ada pertukaran dengan teman, mereka bosan menyerahkan tugas setiap hari. Siswa juga menjadi malas saat menyelesaikan tugas, tidak semua materi dapat dipahami dengan benar. Akibatnya, tugas yang diambil terlambat, sehingga menyulitkan guru dalam melakukan proses penilaian.

Referensi

Muir, Tracey, Naomi Milthorpe, Cathy Stone, Janet Dyment, Belinda Hopwood, Tracey Muir, Naomi Milthorpe, Cathy Stone, Janet Dyment, and Elizabeth Freeman. “Chronicling Engagement?: Students ’ Experience of Online Learning over Time.” Distance Education 00, no. 00 (2019): 1–16. https://doi.org/10.1080/01587919.2019.1600367.

Mukhlisoh, Mukhlisoh. “Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Siwuluh.” Jurnal Kependidikan 6, no. 2 (2018): 233–248.

Noviani, Hening Endawila, Diah Priharsari, and Yusi Tyroni Mursityo. “Analisis Pengalaman Pembelajaran Jarak Jauh Secara Online Pada Siswa SMA ( Studi Kasus SMA Negeri 4 Malang )” 5, no. 4 (2021): 1637–1645.

Nurhakim, Lukman. “Pengalaman Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Komputer Model Drills And Practice Di SMK.” Jurnal Tanjung Pura 1, no. 1 (2017): 1–13. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20499.

Puspitasari, Nimas. “ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MASA PANDEMI COVID 19 PADA GURU SD NEGERI DUKUHWARU 01 Nimas Puspitasari , Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNDARIS A . PENDAHULUAN Pendidikan Merupakan Sesuatu Yang Terpenti” 11 (2020): 170–186.

Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Biodik 6, no. 2 (2020): 109–119.

Sihotang, A, Husein Umar, and Pustaka Utama. “To Manage” (2007): 1–28.

Yates, Anne, Louise Starkey, Ben Egerton, Florian Flueggen, Anne Yates, Louise Starkey, Ben Egerton, et al. “High School Students ’ Experience of Online Learning during Covid-19?: The Influence of Technology and Pedagogy 19?: The Influence of Technology and Pedagogy.” Technology, Pedagogy and Education 00, no. 00 (2020): 1–15. https://doi.org/10.1080/1475939X.2020.1854337.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-30

Terbitan

Bagian

Artikel