Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif di Madrasah Aliyah

Penulis

  • Mujianto Solichin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Moh. Yahya Ashari Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Mukhlisin Mukhlisin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Siti Asiah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Puspa Mia Widianingsih Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Bakri Bakri Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Sifaur Rosidah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

Kata Kunci:

Pengembangan, Bahan Ajar, SKI, Multimedia Interaktif.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar sejarah Kebudayaan Islam Berbasis multimedia interaktif pada siswa kelas XI IPS di MAU Darul Ulum Jombang, dan mengetahui efektifitas bahan ajar dalam pembelajaran materi Dinasti Abbasiyah dengan menggunakan program macromedia flash. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development) model ADDIE. Jenis data yang digunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar SKI berbasis multimedia interaktif memenuhi kriteria valid dengan persentase hasil validasi oleh ahli materi 87%, ahli bahan ajar 83%, dan ahli pembelajaran SKI  96%. Hasil uji coba lapangan menunjukkan respon siswa sangat baik, keaktifan siswa sangat tinggi, kinerja guru sangat baik, hasil pretest dan posttest menunjukkan t hitung (17,290) > t tabel (2.048). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar SKI berbasis multimedia interaktif dikatakan valid dan efektif dalam proses pembelajaran.

Referensi

Amin, Samsul Munir. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Amzah, 2015.

Dewi, Widiya Septian dan Anita Restu Puji Raharjeng. “Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem”, Jurnal Bioilmi, Vol. 04, No. 01 hal. 14-17. Januari 2018.

Husan, Muhammad Tuanaya, dkk,. Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Kementerian Agama, 2015.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rodsakarya, 2008

Mulyatiningsih, Endang. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.

Bandung: Alfabeta, 2011.

Munir. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: AlfaBeta, 2012.

Nopriyanti dan Putu Sudir. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK”. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 05, No 02, hal. 222-235. Juni 2015.

Nugraha, Danu Aji, Achmad Binadja, dan Supartono. “Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi Sets, Berorientasi Konstruktivistik”, Journal of Innovative Science Education, Vol. 02, No. 01, hal 27-34. Juni 2013.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 912 Tahun 2003 tentang kurikulum Madrasah 2013 Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Prastowo, Andi. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Pernadamedia Group, 2014.

Putra, Raka Aci dan Janet T Manoy. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology dengan Software Macromedia Flash 8 pada Materi Segiempat”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 03, No. 05, hal. 440-460. 2016.

Setiawan, Achmad, Nunuk Suryani, dan Asrowi, “Urgensi Pemanfaatan Multimedia dalam Pendidikan Islam”, Dipresentasikan dalam seminar Pendidikan Nasional Pemanfaatan Smartphone untuk Literasi Produktif Menjadi Guru Hebat dengan Smartphone Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret pada 26 Maret 2017.

Sri Kantun, Yayuk Sri Rahayu Budiawati, “Analisis Tingkat Kelayakan Bahan Ajar Ekonomi yang digunakan oleh Guru di SMA Negeri 4 Jember”, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 09, No. 02, Mei 2015.

Sumantri, Mulyani dan Johar Permana. Strategi Belajar mengajar. Bandung: Maulana, 2001.

Sugiyono, Eko Iman. “Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Berbasis Multimedia Interaktif dalam Model Belajar Mandiri Untuk Sekolah Menengah Pertama”, Jurnal Seloka Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 03, No. 02. Hal. 1-84. November 2014.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-30

Terbitan

Bagian

Artikel