Efektivitas Metode Active Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X-A di SMA Darul Ulum 3 Peterongan Jombang
Keywords:
metode active learning, hasil belajar, pendidikan agama islam.Abstract
Masalah yang dihadapi dunia pendidikan lemahnya proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Pembelajaran Active Learning untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak didik mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai karakteristik pribadi yang dimiliki.Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada hubungan metode active learning dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Di SMA Darul ‘Ulum 3 Peterongan Jombang. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dokumentasi, angket. Teknik analisis rumus prosentase dan product moment. Data penelitian diketahui dengan nilai prosentase metode Active Learning tergolong kurang, sebesar 40,41%. Hasil belajar, prosentase tergolong cukup baik, sebesar 56,22%. Efektivitas metode belajar Active Learning dalam meningkatkan hasil belajar, dikatakan lemah atau rendah, H0 diterima nilai rxy = 0,308735 lebih kecil nilai batas 5% dalam tabel 0,36. Tabel interprestasi r = 0,20 – 0,40 menunjukkan hubungan yang rendah. Adanya metode active learning bisa tercapainya pembelajaran pendidikan agama Islam, siswa lebik aktif, kreatif, dan berprestasi.References
Alwi, Hasan. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ardiansayh. 2010. Implementasi Metode Pembelajaran Active Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Mts Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang. “Skripsi”. Fakultas Agama Islam. Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Cahyo, N. Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual Dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.
Darajat, Zakiyah. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Dawam, Ainurrafiq. T.thn,. Manajemen Madrasah Berbasis pesantren. Tk.: tp..
Dimyati, Mudjiono. 1996. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Echlos, M. Jhon, Shadlly Hassan. T.Th,. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Fitriah. 2013. Implementasi Model Active Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Paud Abdul Wahid Pulo Lor Jombang. “Skripsi”. Fakultas Agama Islam. Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang.
Gunawan, Heri. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam . Bandung: Alfabeta.
Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.
Hamid, Sholeh Moh. 2011. Metode Edu Tainment Menjadikan Siswa Kreatif Dan Nyaman Di Kelas. Jogjakarta: Diva Press.
Hartono. 1996. Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rienika Cipta.
Jihad Asep, Haris Abdul. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Khamim, Moh. 2016. Wawancara : Jombang.
Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhid, Abdul. 2012. Analisis Statistik. Sidoarjo: Zifatama.
Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosdakarya.
Musfiqon, M. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Mustafidah, Hidayati,Taniredja, Tukiran. 2014. Penelitian Kuantitatif Sebuah Pengantar Bandung: ALFABETA.
Mustahid, Dkk. T.th,. Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Tk. : Tp..
Nasih Munjin Ahmad, Kholidah Nur Lilik. 2013. Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Refika Aditama.
Qohar, Abdul. 2013. Studi Tentang Konsep Active Learning Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Telaah Al-Qur’an Surat Al-Alaq Ayat 1). “Skripsi”. Fakultas Agama Islam. Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang.
Sahaleh Rahman, Abd. 1969. Didaktik Pendidikan Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Sanjaya, Wina. 2006. strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media group.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan : Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.
Sibli. 2017. Wawancara : Jombang.
Silbermen, L. Melvin. 1996. Active Learning : 101 Strategies to Teach Any Subject. Jakarta: Yapendis.
Soemanto. 1987. Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Bandung: Aksar.
Sudjana, Nana, Daeng, Arifin. 1998. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru.
Sudjana, Nana. 1984. Dasar-Dasar Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Cv. Serajaya.
Sudjana, Nana. 2011. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.