Manajemen Kepemimpinan Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Budug Tugusumberejo Peterongan Jombang
Keywords:
manajemen, kepemimpinan, kurikulum.Abstract
Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan pendidikan yang harus dicapai oleh anak didik melalui kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen kepemimpinan kurikulum di MTs Al-Hidayah Budug Tugusumberjo Peterongan Jombang. Jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi yang digunakan adalah observasi langsung. Wawancara dilakukan kepada Kepala Madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan guru. Kesimpulan hasil Penelitian, Pelaksanaan manajemen kepemimpinan kurikulum di MTs Al-Hidayah Budug Tugusumberjo Peterongan Jombang terdiri dari pelaksanaan ditingkat madrasah oleh Kepala Madrasah dan wakilnya, pelaksanaan kepemimpinan kurikulum ditingkat kelas oleh guru. Faktor pendukungnya yaitu Kepala Madrasah menjalin kerjasama antar Kepala Madrasah, sarana prasarana yang memadai, SDM yang sesuai dibidanya, dan dukungan dari orang tua siswa. Faktor penghambatnya yaitu sulitnya dilaksanakan kurikulum karena kemampuan siswa yang beragam tidak diimbangi dengan dukungan orang tua kepada anaknya untuk belajar serta pembiayaan yang menjadi kendala dalam meningkatkan kualitas madrasah.References
Amrulloh, Amrulloh. “Tawaran Komplementer Hadis Nabi untuk Gagasan ‘The Right Man on the Right Job:’ Penelitian dan Pemahaman Hadis ‘Idhā Wussida al-Amr ila Ghayri Ahli-hi fa-Intaẓir al-Sā‘ah,’” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016).
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.
Daryanto. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2008.
Dewi, Fitriana Utami. Public Speaking Kunci Sukses Bicara di Depan Publik. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2016.
Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belaja Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Feriyanti, Andri. Trianan, Endang S. Pengantar Manajemen (3 In 1). Yogyakarta: Mediatera. 2012.
Hakim, Dhikrul. Psikologi Belajar Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Erkha Utama. 2016.
Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosydakarya. 2008.
Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosydakarya. 2012.
Herabudin. Administrasi & Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. 2009.
Hikmat. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. 2009.
IKAPI. Himpunan Perundang-undangan RI tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Bandung: Nuansa Aulia. 2005.
Mashudi, Farid. Psikologi Konseling. Yogyakarta: IRCiSoD. 2014.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosydakarya. 2006.
Mulyana, Dedi. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosydakarya. 2005.
Nuroidah, Ifadatun, dan M. Ansor Anwar. “Implementasi dan Problematika Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Jurusan Keagamaan di MAN Rejoso Jombang.” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1, no. 1 (2015).
Purwanto,Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosydakarya.2012.
Saebani, Beni Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia. 2012.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2015.
Sujarweni, Wiratna. Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah dipahami.Yogyakarta: Pustaka BAru Press. 2014.
Sulfianah, Les, dan M. Ansor Anwar. “Implementasi Kepemimpinan Kiai dalam Pengembangan Pesantren: Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Ichsan Brangkal Sooko Mojokerto.” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016).
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2012.
Usman, Husaini. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.